Pengaruh Faktor Luar Terhadap Perubahan Wujud


Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan berbagi artikel mengenai Pengaruh Faktor luar terhadap perubaan wujud. Selain bergantung pada banyaknya kalor, perubahan wujud suatu zat bergantung pada faktor lain. Ada beberapa faktor luar yang juga mempengaruhi perubahan wujud zat.
Pengaruh Zat terlarut
Jika kita mendinginkan air murni dan air yang mengandung gula, maka air yang mengandung gula akan membeku pada suhu dibawah 0 derajat celcius. Hali ini menunjukkan bahwa secara umum, titik beku larutan lebih rendah daripada titik beku pelarut murni. Air yang mengandung gula memimiliki titik didih lebih tinggi daripada air murni. Secara umum, titik didih larutan lebih tinggi daripada titik didih pelarut murni.




Pengaruh Tekanan pada titik lebur
Titik lebur atau titik beku bahan dipengaruhi pula oleh tekanan pada bahan tersebut. Untuk air, titik beku bekurang 0,0075 derajat celcius setiap kenaikan tekanan 1 atmosfer. Untuk memperlihatkan penurunan titik es akibat tekanan yang lebih besar adalah ketika kita memotong es balok dengan pisau. Pukulan mata pisau yang sangat tajam menghasilkan tekanan yang sangat tinggi. Bagian es yang dinelai mata pisau berubah menjadi air. Hal itu menunjukkan bahwa suhu es sekarang bukan lagi titik lebur es yang dapat tekanan besar. Bagian es yang terkena mata pisau mememrlukan suhu lebih renda untuk membeku.
Ketika es elebur menjadi air, volumenya mengecil. Untuk zat yang volumenya mengecil ketika melebur, maka tekanan luar yang diberikan akan menurunkan tiitk lebur. Sebaliknya, jika volum zat membesar setelah melebur maka tambahan tekanan luar menaikan titik lebur zat tersebut.
Pengaruh Ketinggian Terhadap titik Didih
Jika suhu air dinaikkan terus, maka tekanan jenuhnyamakin tinggi, dan suatu saat akan sama dengan tekanan udara luar. Pada saat air dikatakan mendidih. Ketika suhu mendekati titik didih, terjadi kecenderungan pembentukan gelembung di dalam air. Gelembung tersebut berisi uap air jenuh. Jika tekanan uap di dalam gelembung lebih kecil daripada tekanan udara luar, maka dengan segera gelembung tersebut pecah dan lenyap. Jika suhu sedemikian rupa sehingga tekanan uap jenuh. dalam gelembung sama atau melebihi tekanan udara luar, maka gelembung tersebut akan bertahan hingga mencapai permukaan air, bahkan, makin mendekati permukaan air, ukuran gelombang makin besar. Hal ini disebabkan makin mendekati permukaan air, tekanan air di sekitar gelembung lebih kecil daripada ketika berada di dasar.
Dari deskripsi diatas, jelaslah bahwa titik didik sangat bergantung pada tekanan udara luar. Pada puncak gunung yang tinggi, tekanan udara luar menurun seingga titik didih juga menurun. Di puncak Everest Mount yang memiliki ketinggian 8.850 meter, titik didih air hanya sekitar 70 derajat celcius.
Memasak makanan dengan cara pemdidihan pada rekanan rendah membutuhkan waktu lebih panjang karena suhu pendidihan rendah. Naumn panci presto dapat mempersingkat waktu memasak karena tekanan didalamnya dapat memncapai 2 atm sehingga air mendidih pada suhu yang lebih tinggi.
Demikianlah artikel yang membahas tentang pengaruh faktor luar terhadap perubaan wujud, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


pengaruh tekanan terhadap titik didih, pengaruh tekanan terhadap titik didih air, pengaruh tekanan terhadap titik lebur, pengaruh tekanan udara terhadap titik didih, pengaruh tekanan terhadap titik beku, pengaruh tekanan udara terhadap titik didih air, perbedaan suhu air dengan suhu larutan, titik beku larutan, faktor yang mempengaruhi perubahan wujud, pengaruh tekanan udara terhadap manusia

Artikel Terkait Dengan: "Pengaruh Faktor Luar Terhadap Perubahan Wujud"

Response on "Pengaruh Faktor Luar Terhadap Perubahan Wujud"