Ospek Kampus dan Tujuannya


Ospek Kampus dan Tujuannya – Sahabat , sebentar lagi kalian yang bermigrasi dari SMA ke Perguruan tinggi akan menjalani suatu ritual klasik Ospek atau orientasi pengenalan kampus. Yup sebuat ritual atau kegiatan yang mesti dilalui jika hendak menjadi mahasiswa. Sekedar informasi awal, Ospek itu sangat bermanfaat, terlepas dari adanya pro dan kontra pada kegiatan Ospek ini. Ospek kampus dan Tujuannya.



Otot Kawat Tulang Besi
Dalam Ospek kalian ditatar, dilatih, digembleng untuk menjadi seorang mahasiswa yang tangguh dan bermental baja dan tentunya menjadi mahasiswa yang pintar tapi tidak sok tahu :-) . Kegiatan ospek merupakan kawah candradimuka untuk kalian yang mau jadi mahasiswa yang berotot kawat tulang besi,  (meminjam istilah Arjuna :D ) dan tentunya berotak genius dan beretika dan bernurani luhur.
Jadi kalian yang mau jadi mahasiswa yang tangguh, bermental baja dan tentu beretika serta bernurani luhur, yap… ngikut Ospek dong …..
Tingakatan – Tingakatan Ospek
Dalam pelaksanaan ritual atau kigiatan ospek, maka ada tingkatatan-tingkan ospek yang mesti kalian jalani, antara lain:
  • Pra-Ospek: kegiatan ini dilaksanakan sebagai gladi sebelum anda mengikuti ospek yang sebenarbya, dalam pra ospek ini, kalian akan diberitahukan tata cara ospek (menurut kebijakan kampus masing-masing), dan dapam pra ospek ini juga akan diberikan jas lamaater, dan diberitahukan apa-apa yang dilaksanakan dalam ospek nanti.
  • Ospek Universitas: ospek ini dilakukan serentak oleh seluruh maba sekapmpus, dan dipusatkan biasanya di rektorat serta dibuka oleh rektor;
  • Ospek Fakultas: Ospek ini dilaksanakan oleh seluruh maba dari fakultas yang sama;
  • Ospek Jurusan: yang ini intinya, kalian akan dikenalkan akan jurusan atau program studi yang kalian lulusi atau pilih.
  • Bina Akrab: biasanya kegitatan bina akrab ini dilakukan diluar kampus, atau ditempat-tempar rekreasi, namanya juga bina akrab, disini kalian akan berakrab-akrab ria dengan teman-teman se-maba dan juga tentunya kepada senior-senior kampus anda.
Materi – materi dalam ospek
Dalam kegiatan ospek di kampus secara umum memuat banyak materi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kalian untuk menjadi bekal selama anda menjadi mahasiswa nantinya.
Secara umum berikut tujuan ospek:
  1. Mahasiswa baru memahami setting sosial serta kondisi obyektif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Mahasiswa baru memahami peran dan fungsinya sebagai bagian dari suatu masyarakat.
  3. Mahasiswa baru menyadari tanggung jawab sosialnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  4. Mahasiswa sebagai insan akademik Mahasiswa mampu mengembangkan nalar kritis, analitis, metodologis dan paradigmatik sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Mahasiswa menjunjung tinggi moral dan etika akademik. Mahasiswa mampu melakukan transformasi keilmuan sesuai dengan disiplin ilmunya menuju ke arah rekonstruksi sosial yang berkeadilan.
  5. Mahasiswa sebagai agent of social change Setting sosial dan kondisi obyektif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Posisi strategis mahasiswa dalam mengemban tanggung jawabsosial sekaligus peran dan fungsinya sebagai kelompok well informed.
  6. Memahami kampus sebagai garda ilmiah atau lingkungan akademik; prosedur administrasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik, administrasi umum dan kemahasiswaan; aturan-aturan yang berlaku di kampus; penggunaan sarana atau fasilitas penunjang pendidikan dan pemanfaatannya; Cinta dan bangga pada kampus sebagai almamaternya;  Struktur lembaga dan nama-nama kampus; tata kerja dan uraian tugas masing-masing pejabat dan perangkat kampus; memahami Mekanisme birokrasi kampus; Lembaga-lembaga non struktural; dan memahami fasilitas penunjang: perpustakaan, beasiswa, Dana Penunjang Pendidikan (DPP),reward dan pelatihan-pelatihan.
  7. Memahami Kejurusanan/Keprodian serta tugas dan fungsinya;  prosedur/mekanisme yang berkaitan dengan kegiatan akademik; Current issues jurusan/prodi; Sejarah pembentukan; Visi, misi dan tujuan; Kompetensi Lulusan; Profesi Utama; Kurikulum ; Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Perubahan Rencana Studi (KPRS); Cuti dan gugur studi; Sumber daya dosen; Penasihat akademik; Jaringan kerjasama; Prosedur/mekanisme yang berkaitan dengan kegiatan akademik; Student Government Menjelaskan tentang status, tugas, wewenang, kepengurusan dan keanggotaan student government, baik yang berada di lingkup universitas ataupun fakultas.
  8. Mengetahui lembaga-lembaga kemahasiswaan di tingkat universitas maupun fakultas dan sejarah perkembangannya; memahami  status, peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga kemahasiswaan.
Gimana, bejibun khan yang mau dipahami dan diketahui jika menjadi mahasiswa, makanya ikut Ospek, soalnya kalau tidak ikut ospek, dimana lagi mau diketahui berbagai persoalan kampus dan tetek-bengeknya. Wokeh.. Pustaka sekolah mengucapkan selamat menjalani dan menikmati Ospek yang mengasyikkan dan berkesan :D



Tags:


tujuan ospek, pengertian ospek, contoh proposal ospek, proposal ospek, pengertian ospek mahasiswa, contoh proposal ospek mahasiswa baru, tujuan ospek mahasiswa, proposal ospek mahasiswa, maksud dan tujuan ospek, contoh proposal kegiatan ospek kampus

Artikel Terkait Dengan: "Ospek Kampus dan Tujuannya"

Response on "Ospek Kampus dan Tujuannya"