Niat Berbuka Puasa dan Makan Sahur Yang Benar

Niat Berbuka Puasa dan Makan Sahur – Sahabat Pustakers, sebentar lagi puasa akan segerak kita masuki, Marhaban ya Ramadhan 1434 hijriyah. Ormas Muhammadiyah telah menentukan tanggal diulainya bulan puasa 2013 yakni pada tanggal 9 April 2013. Barangkali ada yang lupa niat berbuka puasa dan makan sahur, maka untuk mengingatkan kepada sesama Muslim, blog Pustaka Sekolah akan update Niat Puasa dan makan sahur.

Menjelang bulan Ramadhan bulan suci penuh berkah dan bulan yang di nanti-nanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia saya berbagi seputar puasa ramadhan. Yups kali ini yaitu tentang doa buka puasa, ternyata doa berbuka puasa ada 2 macam. Hal yang harus kita pahami adalah bahwa pada saat berbuka adalah waktu dimana doa mustajab, mudah dikabulkan.

doa puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7/194)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka beliau membaca do’a berikut ini,

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ



“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)” (HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Adapun do’a berbuka yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin yaitu,

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

“Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka)”

Riwayat di atas dikeluarkan oleh Abu Daud dalam sunannya no. 2358, dari Mu’adz bin Zuhroh. Mu’adz adalah seorang tabi’in. Sehingga hadits ini mursal (di atas tabi’in terputus). Hadits mursal merupakan hadits dho’if karena sebab sanad yang terputus. Syaikh Al Albani pun berpendapat bahwasanya hadits ini dho’if. (Lihat Irwaul Gholil, 4/38).

Bulan puasa sebentar lagi, tidak ada salahnya kita saling mengingatkan Niat buka Puasa Dan Niat Sahur. Agar puasa kita afdhol. Berikut Niat Buka Puasa dan Niat makan Sahur.

Niat buka puasa

Allahumma laka Shumtu wabika aamantu wa’ala risqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya:

Ya Allah untukMu aku berpuasa, kepadaMu aku beriman dan dengan rizki dariMu aku berbuka, dengan rahmatMu wahai Tuhan yang Maha Penyayang .

Niat makan sahur

Nawaitu shauma gadhin ‘an adaai fardhu syahri ramadhaan haadzihis sanati lillahi ta’aalaa

Artinya:

Dengan nama Allah yg maha Pengasih maha Penyayang saya berniat berpuasa sehari penuh besok dalam bulan ini bulan Ramadhan, karena Engkau ya Allah, amin.

Demikianlah Niat berbuka puasa dan makan sahur, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi kita semua, amien. [ps]

Click Me!

Tags:


doa makan sahur, doa sahur, niat sahur, niat makan sahur, bacaan niat sahur, doa sahur puasa, doa sesudah sahur, doa makan sahur puasa ramadhan, doa niat makan sahur, bacaan sahur

Artikel Terkait Dengan: "Niat Berbuka Puasa dan Makan Sahur Yang Benar"

Response on "Niat Berbuka Puasa dan Makan Sahur Yang Benar"