Metamorfosis

Metamorfosis – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Metamorfosis. yup Metamorfosis merupakan perubahan bentuk, ukuran, dan bagian-bagian tubuh dari suatu stadium ke stadium berikutnya. Umumnya, metamorfosis dialami oleh hewan-hewan seperti serangga dan amfibi. Dalam siklusnya, hewan memiliki struktur dan fungsi tubuh yang berbeda setiap stadium.

Metamorfosis Serangga atau Insekta

metamorfosis belalang

  • Ametabola. Ametabola merupakan organisme yang tidak mengalami metamorfosis. Stadium yang dimilikinya dalah stadium telur dan stadium imago atau dewasa. Contohnya adalah kutu buku.
  • Hemimetabola. Hemimetabola adalah organisme yang mengalami metamorfosis namun tidak sempurna. Stadium yang dimiliki adalah telur, larva atau nimfa, semi imago, dan imago. Pada stadium semi-imago, organisme memiliki kemiripan dengan organsime stadium imago. Namun letak perbedaannya adalah, organisme stadium semi imago belum memiliki kemampuan untuk bereproduksi. Contoh organisme hemimetabola adalah belalang, walang sangit, dan lipas.
  • Holometabola. Homometabola adalah organisme yang mengalami metamorfosis sempurna. Hewan ini memiliki stadium telur, larva atau ulat, pupa atau kepompong, dan imago. Salah satu contoh organisme holometabola adalah kupu-kupu. Stadium telurnya dapat kita amati pada dedaunan. Telur kemudian berkembang menjadi larva yang sangat aktif untuk mencari makan dengan memakan dedaunan. Pada stadium ini terjadi pergantian kulit atau ekdisis. Kemudian larva berkembang menjadi pupa atau kepompong. Stadium ini merupakan fase istirahat atau puasa. Setelah itu, pupa akan berkembang menjadi imago berbentuk kupu-kupu. Contoh lain dari hewan homometabola adalah ngengat, semut, lebah.

Metamorfosis dibedakan menjadi 2 yaitu:

  • Metamorfosis Sempurna
  • Metamorfosis tidak Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah pertumbuhan hewan dengan mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas memiliki bentuk berbeda dengan hewan dewasa.



Tahapan Metamorfosis sempurna adalah Telur –> Larva –> Pupa –> Dewasa

Contohnya hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah Kupu-kupu, Nyamuk, Lalat dan Katak.

Metamorfosis tidak sempurna adalah proses pertumbuhan hewan dengan tidak mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas hampir sama bentuknya dengan hewan dewasa hanya ada bagian yang belum tumbuh.

Tahapan Metamorfosis tidak sempurna adalah Telur –> Nimfa –> Dewasa

Contohnya hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah Belalang, Capung dan Kecoa.

Perbedaan

Lalu dimana letak perbedaan metamorfosis sempurna dengan metamorfosis tidak sempurna. Perhatikan sketsa yang saya buat.

  • Telur –> Larva –> Pupa –> Dewasa = Metamorfosis sempurna
  • Telur –> Nimfa –> Dewasa = Metamorfosis tidak sempurna

Demikianlah artikel mengenai metamorfosis, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


hemimetabola adalah, metamorfosis walang sangit, Metamorfosis kutu buku, metamorfosis lebah, contoh ametabola, metamorfosis nyamuk, perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, metamorfosis semut, metamorfosis lalat, contoh hewan ametabola

Artikel Terkait Dengan: "Metamorfosis"

Response on "Metamorfosis"