Mengenal Pembuluh Darah Manusia | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Mengenal Pembuluh Darah Manusia

Mengenal Pembuluh Darah Manusia

January 19th, 2013 2 Comments

Mengenal Pembuluh Darah Manusia – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel mengenai Pembuluh Darah Manusia. Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi dan berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jenis-jenis yang paling penting, arteri dan vena, juga disebut demikian karena mereka membawa darah keluar atau masuk ke jantung. Kerja pembuluh darah membantu jantung tuk mengedarkan sel darah merah atau eritrosit ke seluruh tubuh.dan mengedarkan sari makanan, oksigen dan membawa keluar karbon dioksida. Fungsi pembuluh darah arteri adalah mengedarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, sedangkan fungsi pembuluh darah vena adalah mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Jenis Jenis Pembuluh darah

Pembuluh darah arteri atau nadi

Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang berasal dari bilik jantung yang berdinding tebal dan kaku.

  • Pembuluh arteri yang datang dari bilik sebelah kiri dinamakan aorta yang tugasnya mengangkut oksigen untuk disebar ke seluruh tubuh.
  • Pembuluh arteri yang asalnya dari bilik kanan disebut sebagai pembuluh pulmonalis yang betugas membawa darah yang terkontaminasi karbon dioksida dari setiap bagian tubuh menuju ke paru-paru.

Pembuluh darah vena atau balik

Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang datang menuju serambi jantung yang bersifat tipis dan elastis.

  • Pembuluh vena kava anterior adalah pembuluh balik yang berasal dari bagian atas tubuh.
  • Pembuluh vena kava pulmonalis adalah pembuluh balik yang berasal dari bagian bawah tubuh.

Pembuluh darah kapiler

Pembuluh darah kapiler adalah ujung yang berada di paling akhir dari pembuluh arteri. Jaringan pembuluh darah kapiler membentuk suatu anyaman rumit di mana setiap mili meter dari suatu jaringan memiliki kurang lebih sekitar 2000 kapiler darah.

Peredaran Darah

Peredaran darah dibagi menjadi dua macam yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh kecuali paru-paru hingga kembali ke jantung. Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung menuju paru-paru hingga kembali lagi ke jantung.

Peredaran darah seperti sebuah siklus yang terjadi berulang-ulang tanpa pernah berhenti. Satu siklus peredaran darah terdiri dari satu perdaran darah kecil dan satu peredaran darah besar.

Proses perdaran darah dalam tubuh manusia berawal ketika darah yang kaya oksigen dari paru-paru masuk ke jantung melalui serambi kanan. Selanjutnya darah diteruskan ke bilik kanan untuk dipompa ke seluruh tubuh kecuali paru-paru. Selama darah beredar ke seluruh organ tubuh, kadar oksigen dalam darah akan semakin berkurang dan karbon dioksida semakin bertambah, hal isi disebabkan karena oksigen dalam darah berinpah ke dalam sel-sel tubuh kita.

Darah kotor dari seluruh tubuh

kembali lagi ke jantung melalui serambi kiri. Dari serambi kiri jantung, darah dialirkan menuju ke bilik kiri untuk kemudian dipompa ke paru-paru untukmenukar karbon dioksida dengan oksigen. Darah yang sudah diperkaya oksigen tersebut, kemudian dialirkan lagi ke serambi kanan jantung untuk diedarkan kembali. Begitu seterusnya. Peredaran darah tidak boleh sekalipun berhenti karena jika peredaran darah berhenti, pasokan oksigen tidak lagi ada sehingga dapat membuat manusia mati.[ps]

Tags:


organ jantung, subkelas pembuluh darah, darah dari jantung beredar menuju jaringan melalui pembuluh darah, pembuluh darah manusia, gambar organ jantung, subkelas darah, gambar organ tubuh, gambar pembuluh darah, jantung dan keterangannya, pembuluh darah
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

2 Komentar Pada “Mengenal Pembuluh Darah Manusia”

  1. data nya kurang detail neh jdi kurang seru kita baca

  2. Prasstio Aditama says:

    Lol

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis