Mengenal Dasar-dasar Agama Islam


Mengenal Dasar-dasar Agama Islam - Sahabat Pustakers, Kali ini Pustaka Sekolah akan bahas sedikit mengenai Dasar agama Islam. Islam itu berasal dari kata Ad-Dinul islam, atau agama yang lurus. Dalam ajaran Islam sangat lengkap bagi manusia yang berpikir. Yang pertama yang akan saya bahas adalah:

Mukallaf
Mukallaf ialah orang islam yang dikenai beberapa kewajiban menjalani perintah dan menjauhi larangan agama karena telah dewasa dan berakal sempurna (akil baligh) dan telah mendengar seruan agama Islam.

Hukum – Hukum Islam
Hukum Islam disebut juga sebagai hukum syara’ itu terbagi menjadi lima macam, yakni:

  • Wajib: suatu perkara yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan mendapat dosa, misalnya: shalat fardhu 5 waktu. Adapun wajib atau fardhu itu bila ditinjau dari segi pelaksanaannya dibagi menjadi 2 bagian; pertama Wajib ‘ain yakni sesuatu yang wajib dikerjakan oleh setiap individu muslim yang mukallaf, contoh; shalat fardhu, puasa ramadhan. Yang kedua adalah wajib kifayah, yaitu sesuatu kewajiban yang telah dianggap cukup bila telah dikerjakan oleh sebagian dari orang mukallaf, dan berdosa seluruhnya jika tidak ada seorangpun dari orang mukallaf yang mengerjakannya. Contohnya: merawat jenazah, menshalati dan menguburkan mayat tersebut.
  • Sunnat atau mandub; suatu amalan yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa, misalnya shalat Rawatib, shalat tarawih, shalat id dll. Sunnat dibagi 2 bagian yakni: pertama Sunnat Muakkad adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, seperti shalat tarawih, shalat 2 hari raya, karuna Rasulullah senantiasa mengerjakannya. kedua Sunnat Ghairu Muakkad: adalah amalan sunnat biasa, contohnya shalat sunnat Qabliyah magrib.
  • Haram; yaitu sesuatu amalan apabila dikerjakan mendapat dosa, dan apabila ditinggalkan mendapat pahala. misalnya; berzina, berjudi, minim minuman keras, mencuri, membunuh, mendurkahai orang tua dll.
  • Makruh adalah sesuatu amalan yang apabila dikerjakan tidak berdosa, tetapi apabila ditinggalkan mendapat pahala, misalnya merokok, makan petai, bawang mentah dll.
  • Mubah adalah sesuatu amalan yang apabila dikerjakan tidak berdosa, dan jika ditinggalkan juga tidak dapat pahala, jadi intinya boleh saja dikerjakan atau ditinggalkan, misalnya tidur, makan, minum, menuntut ilmu dunia, dll.

Syarat dan Rukun



Syarat
syarat adalah sesuatu amalan yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan sesuatu yang menjadikan penyebab sahnya pekerjaan. Misalnya wudlu merupakan syarat sahnya shalat, pakainan yang suci dll.
Rukun
Rukun adalah suatu amalan yang harus dipenuhi dalam suatu pekerjaan, yang menjadikan penyebab sahnya pekerjaan. Misalnya membaca surah Al fatihah dalam mengerjakan shalat
Syah
Syah adalah telah terpenuhi syarat serta rukunnya dengan benar.
Batal
Batal artinya kurang terpenuhinya syarat serta rukunnya atau belum cukup syarat dan rukunnya. Secara ringkas kalau syarat harus dipenuhi diluar pekerjaan sedangkan rukun harus dipenuhi dalam pekerjaan, dan apabila keduanya telah terpenuhi dengan benar, maka pekerjaan itu dianggap syah oleh syara’, namun sebaliknya jika keduanya tidak terpenuhi salah satunya  dengan benar, maka pekerjaan itu tidak syah dan syara’ dianggap batal.

Rukun Islam
Rukun islam terbagi menjadi 5 amalan:

  • Mengucapkan dua kalimat syahadat artinya mengakui tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah SWT, dan mengakui bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan dari Allah SWT.
  • Mengerjakan Shalat lima waktu sehari semalam, yakni Subuh, Dhuhur, Ashar, Magrib dan Isha.
  • Mengeluarkan Zakat
  • Berpuasa pada bulan Ramadhan
  • Menjalankan ibadah haji bagi yang sudah mampu mengerjakan baik dari segi finansial maupun dari segi fisik.[ps]

Click Me!

Tags:


dasar agama islam, dasar-dasar agama islam, dasar-dasar dinul islam, dasar dasar agama islam, dasar agama, dasar dasar dinul islam, dasar2 islam, dasar dasar beragama islam, dasar2 agama islam, Lima dasar agama islam

Artikel Terkait Dengan: "Mengenal Dasar-dasar Agama Islam"

Response on "Mengenal Dasar-dasar Agama Islam"