Membuat Efek Pada Gambar Vektor

Membuat Efek Pada Gambar Vektor – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi mengenai Artikel Komputer yag berjudul cara memberikan efek pada gambar vektor. Corel Draw memberikan kemudahan dalam memberikan efek-efek yang menarik sehingga memberikan nilai tambah bagi desai kita. Efek ini memberikan kesan gambar lebih menarik. Efek yang sering digunakan diantaranya adalah efek Blend, contour, distortion, drop sadow, envelove dan extrude seperti yang terdapat dalam toolbox dan flyout.

Membuat Efek Pada Gambar Vektor

Efek blend digunakan untuk mengisi kurva-kurva sehingga mirip grafik 3 dimensi, efek contour merupakan penciftaan bidang atau outline yang dibutuhkan berdasarkan garis suatu bidang kurva tertutup secara keluar maupun kedalam, efek drop sadow disebut juga efek bayangan, efek envelove untuk membentuk objek, efek distortion untuk memberikan efek distorsi.

Secara umum, urutan langkah pengguaan efek itu sebagai berikut: pilih objek dengan pick tool klik salah satu flyout berisi efek (tool pada tooolbox) dan drag objek kemudian atur lewat property bar.

Memberikan Efek blend

memberikan efek blend adalah mengisi kurva-kurva sehingga mirip grafik 3 dimensi.

Memberikan efek contour

merupakan penciftaan bidang atau outline yang dibutuhkan berdasarkan garis suatu bidang kurva tertutup secara keluar maupun kedalam.

Memberikan efek drop shadow

efek drop sadow digunakan untuk memberikan bayangan pada objek. Objek yang bisa diberi bayangan adalah objek yang memiliki warna. Objek teks juga dapat diberikan efek ini.



Memberikan efek envelope

Efek envelope memungkinkan kita membentuk suatu objek dengan bebas.

Memberikan efek extrude

Efek extrude akan memberikan bentuk yang mengesankan pada tampilan 3 dimensi.

Mengatur Efek Warna

Ada beberapa tipe pewarna objek, diantaranya adalah menggunakan fill color, fountain fill/gradasi, pattern fill, texture fill, ataupun postscript texture. Ada 3  pilihan menu warna yaitu models, mixer, dan palallete. Untuk memberikan efek gradasi warna, kita bisa memilih fountain fill dengan beberapa pilihan, yaitu linear, radial, conical dan square. Untuk memberikan pola warna atau pattern tertentu pada objek, kita bisa memilih menu pattern fill. Ada Beberapa pola warna yang bisa dipilih pada kotak dialog pattern fill.

Menggunakan Artistic Media

Fasilitas artistic media menyediakan bentuk-bentuk yang artistik dan unik untuk menambah kesan menarik pada karya grafis kita. Untuk menggunakan fasilitas ini munculkan menu Artistic media tersebut di menu docker. Untuk memunculkan menu artistik media dimenu docker, klik pulldown menu window pilih docker kemudian klik artistic media.

Menggunakan Fasilitas weld, trim dan intersect

Fasilitas weld digunakan untuk menggabungkan bidang objek menjadi satu. Fasilitas trims dan intersect digunakan untuk memotong bidang objek menggunakan bidang lain sebagai pemotong. Prinsip langkah-langkahnya sama dengan proses welding, yaitu objek ditumpukkan kemudian klik menu (trim ataupun itersect) pada properti bar. Menu-menu tambahan efek  ataupun editing gambar yang lain masih banyak kita bisa meilih menu tersebut pada toolbox, pulldown menu, menu docker maupun menu-menu lainnya yang menurut kita paling praktis.

Demikianlah artikel komputer Pustaka Sekolah yang             berjudul cara memberikan efek pada gambar vektor semoga, artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


vektor, gambar vektor, efek, vektor undangan, vektor garis, efek bayangan pada objek grafis sering disebut sebagai efek, gambar efek, garis vektor, untuk mengatur tampilan mode edit docker digunakan pulldown menu, efek gambar

Artikel Terkait Dengan: "Membuat Efek Pada Gambar Vektor"

Response on "Membuat Efek Pada Gambar Vektor"