Matematika Sejarah Dan Manfaat Matematika

Matematika Sejarah Dan Manfaat Matematika – Sahabat Pustakers, apa benar matematika pelajaran tersulit?, bisa iya bisa juga tidak, tapi yang pasti yang mengiyakan bahwa Matematika adalah pelajaran yang tersulit lebih banyak jumlahnya daripada yang menganggap gampang pelajaran matematika., admin pun berada di pihak yang mengiyakan :D .

Berhubungan dengan topik diatas, yakni Matematika, maka pada kesempatan kali ini, Pustaka Sekolah ingin sedikit membahas tentang apa itu matematika dan apa gerangan manfaat mempelajari matematika pelajaran yang tersulit ini. Meskipun dalam pembahasan berikut admin yakin tidak akan tuntas dalam menjawab pertanyaan diatas, namun setidaknya Pustaka Sekolah telah melempar “bola” yang kemudian khalayak atau visitorlah yang mencari jawaban-jawaban lalu akhirnya pertanyaan tentang apakah sebenarnya matematika itu akan terjawab dengan sempurna.

Sejarah Matematika

Matematika sebenarnya sudah sejak lama  dipelajari oleh manusia, hal ini terbukti dari adanya beberapa negara/kekaisaran yang telah terbukti memakai matematika, simaklah beberapa negara/kekaisaran yang telah menjadi pelopor mata pelaran matematika ini.

Yunani Kuno

Fakta Yunani kuno mempelajari matematika: Pythagoras membuktikan teorema Pythagoras secara matematis (terbaik); Pencetus awal konsep[ nol adalah Al Khwarizmi; Archimedes mencetuskan nama parabola, yang artinya bagian sudut kanan kerucut; Hipassus penemu bilangan irrasional; Diophantus penemu aritmatika (pembahasan teori-teori bilangan yang isinya merupakan pengembangan aljabar yang dilakukan dengan membuat sebuah persamaan); Archimedes membuat geometri bidang datar dan bangsa Yunani Kuno Mengenal bilangan prima.

India

Fakta bahwa India Kuno mempelajari matematika: Aryabtha (4018 SM) menemukan hubungan keliling sebuah lingkaran , Memperkenalkan pemakaian nol dan desimal; Brahmagyupta menemukan bilangan negatif; Rumus a2+b2+c2 telah ada pada “Sulbasutra”; Geometrinya sudah mengenal tripel Pythagoras,teorema Pythagoras,transformasi dan segitiga pascal

China

-Fakta orang Cina mempelajari matematika adalah: bangsa Cina telah Mengenal sifat-sifat segitiga siku-siku tahun 3000 SM; Mengembangkan angka negatif, bilangan desimal, system desimal, system biner, aljabar, geometri, trigonometri dan kalkulus; Telah menemukan metode untuk memecahkan beberapa jenis persamaan yaitu persamaan kuadrat, kubikdan qualitik; Aljabarnya menggunakan system horner untuk menyelesaikan persamaan kuadrat



Mesopotamia

Fakta bahwa Mesotomia telah mengenal dan mempelajari matematika: bangsa mesopotamin telah menentukan system bilangan pertama kali; Menemukan system berat dan ukur; Tahun 2500 SM system desimal tidak lagi digunakan dan lidi diganti oleh notasi berbentuk baji.

Babilonia

Fakta bahwa bangsa Babilonia telah mempelajari dan mengenal matematika adalah: bangsa Babilonia telah Menggunakan sitem desimal dan π=3,125; Penemu kalkulator pertama kali di Babilonia; Mengenal geometri sebagai basis perhitungan astronomi; Menggunakan pendekatan untuk akar kuadrat; Geometrinya bersifat aljabaris; Aritmatika tumbuh dan berkembang baik menjadi aljabar retoris yang berkembang dan Sudah mengenal teorema Pythagoras.

Mesir Kuno

Fakta bahwa masyarakat Mesir Kuno telah mempelajari matematika adalah: Masyarakat mesir Kuno Sudah mengenal rumus untuk menghitung luas dan isi; Mengenal system bilangan dan symbol pada tahun 3100 SM; Mengenal tripel Pythagoras; Sitem angka bercorak aditif dan aritmatika; Tahun 300 SM menggunakan system bilangan berbasis 10.

Itulah sedikit data dan fakta bahwa sejak dahulu kala Matematika yang sulit ini telah dipelajari dan diteliti. Lantas apakah fungsi atau manfaat  mempelajari matematika?

Manfaat Mempelajari Matematika

Dibalik kesulitan dan kesukaran rumus-rumus matematika, ternyata mata pelajaran ini telah menyumbang manfaat besar bagi peradaban manusia sepanjang masa dan akan menyumbang manfaat besar bagi perkembangan modern masa depam manusia. Tanpa matematika, maka niscaya Ilmu pengetahuan dan Teknologi tidak akan ada, tanpa rumus-rumus matematika, maka ilmu pasti tidak akan membantu manusia.

Ilmu matematika jika diaplikasikan dengan ilmu lain, maka akan memnghasilkan sesuatu yang “tak masuk akal” contoh: Pesawat terbang bisa melesat diudara, suara atau visual dibenua lain bisa didengar atau disaksikan pada benua yang lainnya lewat benda yang dinamakan Hape dan Televisi, semua perangkat atau alat teknologi canggih itu jadi berkat bantuan “ilmu pasti/matematika” . Dan banyak lagi segala sesuatu yang membuat serba mudah berkat bantuan Matematika dengan rumus-rumusnya. Jadi Intinya, Sulitnya rumus matematika terbayarkan oleh manfaatnya yang sungguh luar biasa bagi perdaban manusia masa lalu, kini dan lebih-lebih untuk masa depan. Jadi mari kita cintai pelajaran yang satu ini, matematika.

Okkk …. demikian sedikit pembahasan sedrhana dan amat tidak sempurna tentang apa itu matematika dan apa manfaat matematika itu?, Semoga artikel ini menjadi pembuka diskusi untuk lebih mengenal dan mencintai mata pelajaran matematika.[ps]

Click Me!

Tags:


manfaat matematika, manfaat belajar matematika, sejarah persamaan kuadrat, penemu aritmatika, manfaat pelajaran matematika, manfaat pembelajaran matematika di sekolah, aritmatika mesir kuno, sejarah fungsi kuadrat, daftar pustaka manfaat matematika, sejarah aritmatika

Artikel Terkait Dengan: "Matematika Sejarah Dan Manfaat Matematika"

Response on "Matematika Sejarah Dan Manfaat Matematika"