Manusia Paling Awal di Indonesia

Tuesday, March 14th, 2017 - Sejarah

Manusia Paling Awal di Indonesia – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Kehidupan paling awal di Indonesia. Masa prasejarah merupakan suatu kurun waktu ketika kehidupan manusia belum mengenal dan meninggalkan bukti – bukti tertulis. Olehnya itu untuk mengetahui kehidupan pada waktu itu, kita hanya berpedoman pada benda – benda hasil karya atau sezaman dengan mereka, atau artefak.

Pembagian Zaman dalam sejarah Bumi

Guna mengikuti perkembangan manusia diatas bumi, kita terlebih dahulu harus meninjau tentang kalender bumi. Menurut ilmu falak, atau ilmu yang mempelajari tentang bintang – bintang di langit, mula – mula bumi merupakan bola gas yang sangat panas dan berputar pada porosnya. Gas menjadi makin padat dan membentuk kulit bumi karena perputaran yang terus menerus. Suhu bumi yang panas lambat laun menjadi dingin dibagian luar, sedangkan pada bagian dalam sampai saat ini pun sangat panas atau disebut magna. Mulai kejadian pertama ketika bumi masih panas sampai dengan munculnya manusia pertama memakan waktu yang sangat lama, sekitar 3.500 juta tahun yang terbagi dalam beberapa masa dan zaman seperti berikut ini.

Masa Arkeozoikum

Masa arkeozoikum terbagi kedalam 1 zaman, yakni zaman Pra Kambrium, waktunya sekitar 3.500 juta – 600 juta tahun yang lalu. Kehidupan pada masa ini belum ada, karena bumi baru saja mendingin, permukaan bumi memerlukan waktu sekitar 350 juta tahun yang lalu.

Masa Paleozoikum

Masa paleozoikum atau masa kehudupan tertua tertua terbagi kedalam 6 zaman, yakni: kambrium (600 – 500 juta tahun yang lalu), Ordovisium (500 – 440 juta tahun yang lalu), Silur (440 – 400 tahun yang lalu), Devon (400 – 350 juta tahun yang lalu), Karbon (350 – 270 juta tahun yang lalu), Perm (270 – 225 juta tahun yang lalu). Pada masa ini sudah mulai ada kehidupan sederhana, terutama dilaut, misalnya moluska (siput), avertebrata (hewan beruas), coelenterata (ubur-ubur), arthropoda (udang), kerang, ikan bertulang rawan, amfibi, pada pada akhir zaman atau zaman perm telah muncul reptile sederhana yaitu kura –kura. Tumbuh-tumbuhan yang muncul seperti jenis paku –pakuan yang tumbuh dirawa – rawa, dan mulai meluas sejak zaman karbon, endapan organisme pada  zaman itu menghasilkan batu bara tua.

Masa Mesozoikum

Masa mesozoikum terbagi kedalam 3 zaman, yakni: trias (225 – 180 juta tahun yang lalu), Jura (180 – 135 juta tahun yang lalu) dan kapur (135 – 70 juta tahun yang lalu), pada masa ini ditandai dengan terbnetuknya cekungan laut atau yang disebut geosinklinal yang terisi oleh endapan tebal dan meluasnya jenis paku-paluan. Kehidupan yang sangat menonjol adalah berkembangnya hewan reptile raksasa yang panjangnya 12 – 27 meter, misalnya dinosurus jenis brachiosaurus dan atlantosaurus.[ps]

Tags:

manusia purba pertama kali muncul pada zaman apa, masa purba paling awal hidup, manusia purba pertama kali muncul pada zaman, manusia purba pertama kali muncul dizaman, manusia purba diperkirakan muncul di bumi pada kala, manusia purba pertama pada zaman, masa purba paling awal diperkirakan hidup pada masa, munculnya manusia di bumi, awal kemunculan kehidupan manusia purba diperkirakan terjadi pada zaman, Munculnya manusia purba pertama kali di bumi diperkirakan pada masa, pithecanthropus muncul pertama kali pada zaman, zaman apa yang paling awal, zaman manusia pertama, zaman manusia purba muncul, zaman manusia purba pertama kali muncul, masa purba paling awal di perkirakan hidup pada masa, masa purba, manusia purba yg muncul pertama kali, manusia purba diperkirakan muncul dibumi pada zaman, manusia purba muncul pertama kali pada zaman
Manusia Paling Awal di Indonesia | admin | 4.5