Macam Macam Daun Majemuk


Macam Macam Daun Majemuk Sahabat , pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai macam macam daun majemuk di lihat dari struktur daun. Setelah sebelumnya dibahas mengenai Daun majemuk secara umum, maka kali ini akan dibahas lagi mengenai daun majemuk menyirip, daun majemuk menjari, daum majemuk bangun kaki dan daun majemuk campuran.

Daun Majemuk Menyirip

Daun majemuk menyirip (pinnatus) ialah daun majemuk yang daunnya terdapat di kanan kiri ibu sirip pada ikan. Daun majemuk menyirip dapat di bedakan dalam beberapa macam :

contoh daun majemuk

  • Daun majemuk menyirip beranak daun satu (unifoliolatus). Daun ini disebut sebagai daun tunggal, tetapi di sini tangkai daun memperlihatkan sutu persendian (articulation), jadi helaian daun tidak langsung terdapat pada ibu tangkai. Daun yang demikian ini basanya kita dapati pada berbagai jenis pohon jeruk, a.l. jeruk besar (Citrus maxima Merr.), jeruk nipis (Citrus aurantilofio Sw.).
  • Daun majemuk menyirip genap (abrupte pinnatus). Biasa terdapat sejumlah anak daun yang berpasang-pasangan di kanan kiri ibu tulang, oleh sebab itu anak daunnya biasanya lalu menjadi genap. Daun menyirip anak-anak daun tidak selalu berpasang-pasangan, cara untuk menentukan daun majemuk menyirip genap yaitu melihat kepada ujung ibu tangkainya. Jika ujung ibu tangkai terputus, artinya pada ujung ibu tangkai tidak  terdapat suatu anak daun, sehingga ujung ibu tangkai bebas, atau kadang-kadang tertutup oleh suatu pucuk kecil yang mudah runtuh, maka daun yang menyirip genap. Bahwa daun majemuk menyirip genap mungkin mempunyai jumlah anak daun ang gasal. Daun majemuk menyirip genap a.l. terdapat pada daun asam (Tamarindus indica L.), pada pohon leci (Litchi chinensis Sonn.) dan kepulasan (Nepphelium mutabile B).
  • Daun majemuk menyirip gasal (imparipinnatus). Ditinjau dari jumlah anak daunnya akan kita dapati bilangan yang gasal jika anak daunnya berpasangan, sedang di ujung ibu tangkai terdapat anak daun yang tersendiri. Misalnya pada daun pacar cina (Aglaia odorata Lour.) dan mawar (Rosa sp.).

Daun majemuk menyirip genap dapat menurut duduknya anak-anak daun pada ibu tangkai, dan menurut besar kecilnya anak-anak daun terdapat pada satu ibu tangkai, yaitu :

  • Menyirip dengan anak daun yang berpasangan-pasangan. Yaitu jika duduknya anak daun pada ibu tangkai berhadap-hadapan.
  • Menyirip berseling. Yaitu jika anak daun pada ibu tangkai duduknya berseling.
  • Menyirip berselang-seling (interrupte pinnatus). Yaitu jika anak-anak daun pada ibu tangkai berselang-seling pasangan anak daun yang lebar dengan pasangan anak daun yang sempit, misalnya pada anak daun tomat (Solanum lycopersicum L.).

Daun majemuk menyirip ganda dapat dibedakan menurut letak anak daun pada cabang tingkat berapa dari ibu tangkainya. Daun majemuk menyirip ganda dapat di bedakan :

  • Majemuk menyirip ganda dua (bipinnatus). jika anak daun duduk pada cabang tingkat satu dari ibu tangkai.
  • Majemuk menyirip ganda tiga (tripinnatus). jika anak-anak daun duduk pada cabang tingkat dua dari ibu tangkai.
  • Majemuk menyirip ganda empat. umumnya jarang ditemukan daun yang menyirip ganda lebih dari tiga.

Daun yang menyirip ganda dibedakan lagi dalam :



  • Menyirip ganda dengan sempurna. Jika tidak ada satu anak daun pun yang duduk pada ibu tangkai.
  • Menyirip ganda tidak sempurna. Jika masih ada anak daun yang duduk langsung pada ibu tangkainya.

Contoh daun yang menyirip ganda :

  • Daun majemuk menyirip genap ganda dua dengan sempurna, misalnya daun kembang merak (Caesalpinia pulcherrima Sw.) dan daun lamtoro (Leucaena glauca Benth.).
  • Daun majemuk menyirip gasal ganda dua tidak sempurna, misalnya daun kirinya (Sambucus javanica Bl.).
  • Daun majemuk menyirip gasal rangkap tiga tidak sempurna, misalnya daun kelor (Moringo oleifera Lamk.).

Daun Majemuk Menjari

Daun majemuk menjari atau Palmatus atau Digitatus Merupakan daun majemuk yang semua anak daunnya tersusun memencar pada ujung ibu tangkai seperti letaknya jari-jari pada tangan. Berdasarkan jumlah anak daun, daun majemuk menjari dapat dibedakan sebagai berikut:

  • Beranak daun dua (bifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat dua anak daun. misalnya, daun nam-nam (Cynomtera cauliflora L.).
  • Beranak daun tiga (trifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat tiga anak daun. misalnya, daun para (Hevea brasiliensis Muell.).
  • Beranak daun lima (quinquefoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat lima anak daun. misalnya, daun maman (Gynandropis pentaphylla D.C.).
  • Beranak daun tujuh (septemfoliolatus), jika ada tujuh anak daun pada ujung ibu tangkainya. misalnya, daun randu (Ceiba petandra Gaertn.).

Daun majemuk beranak daun tiga, dapat pula kita jumpai pada daun majemuk yang menyirip. misalnya, pada kacang panjang (Vigna sinensis Endl.). Untuk membedakan majemuk menyirip atau menjari, dengan diteliti mengenai titik pertemuan ketiga tangkai anak daunnya. Jika semua bertemu pada satu titik (ujung ibu tangkai) disebut menjari. Jika tidak, menyirip. daun majemuk menyirip yang menyiripnya bersifat ganda, dapat pula dikatakan daun majemuk menjari yang bersifat ganda, misalnya daun majemuk menjari beranak daun tiga ganda dua (biternatus). Contoh pada Aegopodium dan Aquilegia vulgaris. Jika daun majemuk menjari mempunyai tujuh anak daun atau lebih, dapat dikatakan beranak daun banyak (polyfoliotus), misalnya pada daun randu (Ceiba petandra Gaerthn.).

Daun Majemuk Bangun Kaki

Daun majemuk bangun kaki atau pedatus mempunyai susunan seperti daun majemuk menjari,tetapi dua anak daun yang paling pinggir tidak duduk pada ibu tangkai, melainkan pada tangkai anak daun yang disampingnya. Seperti yang terdapat pada Arisaema filiforme (Araceae)

Daun Majemuk Campuran

Daun majemuk campuran atau digitatopinnatus adalah daun majemuk ganda yang mempunyai cabang-cabang ibu tangkai memencar seperti jari dan terdapat pada ujung ibu tangkai daun, tetapi pada cabang-cabang ibu tangkai ini terdapat anak-anak daun yang tersusun menyirip. Jadi daun majemuk campuran adalah campuran susunan yang menjari dan menyirip contohnya daun sikejut (Mimosa pudica L).  Daun sikejut bukanlah merupakan daun majemuk campuran sejati, tetapi adalah daun majemuk menyirip genap ganda dua yang sempurna. Hanya saja pada daun ini letak kedua pasang ibu tangkainya tadi sedemikian dekat satu sama lain, hingga seakan-akan terdapat empat cabang tangkai pada ujung ibu tangkai daunnya.

Demikanlah artikel mengenai macam macam daun majemuk, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


Contoh daun majemuk, pengertian daun majemuk, contoh tumbuhan berdaun majemuk, tumbuhan berdaun majemuk, macam macam daun, contoh daun majemuk dan daun tunggal, contoh daun tunggal dan majemuk, nama pohon berdaun tunggal, contoh daun tunggal dan daun majemuk, contoh daun tunggal

Artikel Terkait Dengan: "Macam Macam Daun Majemuk"

Response on "Macam Macam Daun Majemuk"