Klasifikasi Bunga Mawar | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Klasifikasi Bunga Mawar

Klasifikasi Bunga Mawar

May 21st, 2013 0 Comments

Klasifikasi Bunga Mawar Sahabat Pustakers pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel mengenai Klasifikasi Tanaman Bunga Mawar. Bunga mawar adalah jenis tanaman hias yang paling banyak peminatnya. Bunga mawar sangat terkenal karena aroma dan keindahannya yang khas, sehingga sering disebut dengan Queen of Flower. Disamping itu, bunga mawar juga bermanfaat dalam bidang kesehatan karena memiliki banyak khasiat. Minyak bunga mawar yang dihasilkan dari proses ekstraksi sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku untuk produk pewangi, sabun, pelembab kulit, dan obat-obatan. Dalam Klasifikasi bunga mawar diketahui bahwa bunga mawar terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan habitat tumbuhnya.

 bunga mawar

Di antaranya, jenishybrid tea, floribunda, polyantha, grandiflora, dan climbing rose. Jenis bunga mawar hybrid tea, memiliki bunga tunggal, berukuran lebih besar, susunan bunga kompak, tangkai bunga panjang, dan sering digunakan sebagai bunga potong. Mawar floribunda, memiliki tangkai yang agak panjang, yang bunganya bersatu dalam suatu rangkaian yang besar. Bunga mawar polyantha ,memiliki satu rangkaian bunga berukuran kecil. Selanjutnya, jenis mawar grandiflora, adalah gabungan antara sifat-sifat hybrid lea dan floribunda, sehingga sering digunakan sebagai bunga potong atau tanaman taman. Sedangkan jenis terakhir, yaitu climbing roseadalah bunga mawar rambat dengan beragam bunga tunggal dan rangkap.

Dalam Klasifikasi bunga mawar disebutkan bahwa bunga ini merupakan jenis tanaman perdu yang memiliki buah, berakar tunggang dengan banyak cabang akar, memiliki batang yang berduri, tinggi tanaman antara 0,3 sampai 0,5 meter, serta memilki beragam warna bunga (putih, ungu, merah, dan merah muda). Untuk dapat tumbuh baik, tanaman mawar sangat membutuhkan sinar matahari penuh. Apabila kurang mendapat sinar matahari, pertumbuhan tanaman mawar dapat menjadi terhambat dan terkadang tidak menghasilkan bunga. Syarat pertumbuhan yang baik lainnya adalah bunga mawar membutuhkan suhu optimum 30°C dan kelembaban udara antara 60-80%. Sebelumnya, yang penting diperhatikan adalah bunga mawar termasuk golongan bunga yang sangat mudah kehilangan air. Untuk itu sebaiknya dalam pemanenan bunga mawar dilakukan pada pagi hari sekali (sebelum matahari terbit). Dalam sistematika tumbuhan (taksonomi), secara lengkap klasifikasi bunga mawar adalah sebagai berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Sub divisi: Angiospermae
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Ordo: Rosanales
  • Famili: Rosaceae
  • Genus: Rosa
  • Spesies: Rosa hybrida
  • Nama umum: mawar
  • Habitus: Semak; tinggi ± 2 m.

Deskripsi tanaman: Batang: tegak, bulat, berkayu, berduri, hijau keabu-abuan; Daun: Majemuk, lonjong, berseling, panjang 5-10 cm, lebar 1,5-2,5 cm, tepi beringgit, ujung runcing, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, tangkai selinder, berwarna hijau keabu-abuan.

Deskripsi Bunga: Majemuk, bulat, diujung batang atau cabang, panjang tangkai ± 2,5 cm, berwarna abu-abu, kelopak berbentuklonceng, benang sari bertangkai, kepala sari berwarna kuning, memiliki putik bulat, panjang ± 0,5 cm, mahkota bunga yang halus, berarna merah dan berbau harum. Tanaman bunga mawar juga mengandung senyawa kimia flavonoid dan polifenol yang tinggi.

Demikianlah artikel mengenai Klasifikasi Bunga Mawar, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


struktur bunga mawar, gambar bunga, morfologi bunga mawar, bunga, morfologi mawar, artikel tentang bunga mawar, morfologi daun mawar, gambar bunga mawar, morfologi tanaman mawar, artikel bunga mawar
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis