Khutbah Idul Adha 1435 H / 2014

Khutbah Idul Adha 1435 H / 2014 – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Khutbah Idul Adha 1435 Hijriyah atau Khutbah Lebaran haji tahun 2014. Sebagaimana Hari raya Lebaran idul Fitri, maka pada hari raya lebaran Idul qurban juga ilaksanakan shalat sunnat Hari raya idul Adha.

Pada tahun 2014 ini, Penetapan hari raya Idul Adha sudah ditentukan, baik oleh Muhammadiyah, maupun oleh pemerintah (Departemen Agama) dan Insya Allah pada tahun 2014 ini, Idul Adha 1435 H, jatuh pada hari Minggu, 5 Oktober 2014.



Tata Cara Shalat Idul adha

  • Waktu dan Tempat. Yang paling utama adalah sholat di tanah lapang kecuali ada uzur / halangan seperti hujan dll. “Abu Said Al Khudri r.a. berkata rasulullah SAW biasa keluar rumah pada hari Idul Fitri dan Adha menuju tanah lapang (Bukhori-Muslim)” “Ibnu Qayyim mengatakan nabi SAW biasa mengakhirkan sholat Idul Fitri dan menyegerakan sholat Idul Adha”.
  • Berjalan kaki menuju tempat sholat. “Rasulullah SAW biasa berangkat sholat Ied dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang”(Ibnu Majah) “Rasulullah saw jika melaksanakan sholat ied beliau melewati jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang “(HR. Bukhori)
  • Mandi dan memakai pakaian bagus. Diriwayatkan bahwa Ibnu Umar ra biasa memakai pakaian yang bagus pada saat sholat Ied
  • Tidak makan sebelum Sholat Idul Adha. “Buraidah ra mengatakan, Nabi saw tidak keluar menuju sholat Idul fitri sebelum makan dan pada hari raya idul adha beliau tidak makan sebelum pulang dari tempat sholat kemudian memakan sembelihan beliau”(Tirmidzi, hasan)
  • Tidak ada adzan dan iqamah. Jabir bin sumurah berkata, aku pernah melaksanakan sholat Id bersama rasulullah bukan hanya sekali atau dua kali, ketika itu tidak ada adzan maupun iqamah (Muslim)
  • Tidak ada sholat sebelum dan sesudahnya. “Ibnu Abbas ra berkata, rasulullah saw pernah keluar pada hari raya idul adha atau fitri, bel;iau mengerjakan sholat dua rekaat tetapi tidak mengerjakan sholat sunah sebelum maupun sesudahnya”(Bukhari Muslim)
  • Tata cara Sholat Idul Adha: Takbiratul ihram; ada reakaat pertama ditambah 7 kali takbir tambahan; Pada reakaat kedua ditambah takbir 5 kali; Setelah takbir tambahan dibaca Al Fatihah dan surat pilihan; Dianjurkan surat Qaaf pada rekaat pertama dan AL Qamar (rakaat kedua) atau surat AL A’laa dan Al Ghasiyah
  • Jika bertepatan Hari Jumat. Muawiyah bertanya kepada Zaid bin Arqam tentang  sholat Jumat ketika bersamaan dengan hari raya Idul adha atau idul  Fitri. Zaid mengatakan bahwa Nabi saw melaksanakan sholat Ied dan memberi keringanan untuk meninggalkan sholat Jumat. Lalu zaid melanjutkan, Nabi saw bersabda ,”barang siapa yang mau sholat Jumat maka silakan melaksanakannya” (HR Abu Dawud, shahih)

Khutbah idul Adha

Salah satu ritual wajib dalam Shalat hari raya idul Adha, adalah pembaaan Khutbah hari raya oleh khotib, Khutbah Hari raya hendaknya berisi materi tentang keteladanan Nabi Ibrahim AS yang rela “mengorbankan” anaknya Ismail AS  untuk semata-mata ketaatan dan keintaannnya  kepada Allah SWT,. Disamping itu materi Khutbah hari raya juga disi dengan materi Haji, atau Rukun Islam yang ke-5, dan juga makna pembagian daging kurban kepada ffakir miskin dan orang-orang yang mebutuhkan lainnya.

Pustaka sekolah mencoba mengupload contoh Khutbah hari raya idul Adha 2014, dan materi Khutbah idul Qurban ini berasal dari blog Dakwah yakni; www.dakwatuna.com , bagi anda yang mencari contoh naskah atau materi Khutbah idul adha terbaru 1435 H atau 2014 silahkan unduh lewat link Khutbah Idul Adha

Demikianlah artikel mengenai Khutbah Idul adha 1435 H / 2014, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.[ps]

Click Me!

Tags:


khutbah idul adha 2012, khutbah idul adha terbaru, khutbah idul adha 1433 h, khutbah idul adha 1433, tata cara khutbah idul adha, khutbah hari raya idul adha 1433 h, khutbah idul adha, materi khutbah idul adha, khutbah idul adha terbaik, teks khutbah idul adha 1433 h

Artikel Terkait Dengan: "Khutbah Idul Adha 1435 H / 2014"

Response on "Khutbah Idul Adha 1435 H / 2014"