Kerajaan Turki Usmani | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Kerajaan Turki Usmani

Kerajaan Turki Usmani

December 8th, 2011 1 Comment

Kerajaan Turki Usmani  – Pendiri Kerajaan Usmani adalah bangsa Turki dari kabilah Oghuz yang mendiami daerah Mongol dan daerah utara negeri Cina. Dalam waktu 3 abad, mereka pindah ke Turkistan kemudian Persia dan Irak. Mereka masuk islam sekitar abad ke 9-10, ketika mereka menetap di Asia Tengah.

Dibawah tekanan serangan-serangan Mongol pada abad ke-13 M, mereka melarikan diri ke daerah Barat, dan mencari pengungsian di tengah2 saudara2 mereka orang-orang Turki Saljuk, di dataran tinggi Asia Kecil. Disana di bawah pimpinan Ertoghul, mereka mengabdikan diri kepada Sultan Alauddin II, Sultan Saljuk yang kebetulan sedang berperang melawan Bizantium. Berkat bantuan mereka, Sultan Alauddin II mendapat kemenangan. Atas jasa baik itu, Alauddin menhadiahkan sebidang tanah di Asia kecil yang berbatasan dengan Bizantium. Seajak saat itu mereka terus membina wilayah barunya dan memilih kota Syukud sebagai ibu kota.

Ertoghrul meninggal dunia tahun 1289 M. kepemimpinan dilanjutkan oleh Puteranya, Usman. Putra Ertoghrul inilah yang dianggap sebagai pendiri kerajaan Usmani. Usman memerintah antara tahun 1290 M s/d 1300 M. Sebaimana ayahnya, ian banyak berjasa kepada Sultan Alauddin II dengan keberhasilannya menduduki benteng-benteng Bizantium yang berdekatan dengan kota Broessa. Pada tahun 1300 M, bangsa Mongol menyerang Kerajaan Saljuk dan Sultan Alauddin II terbunuh. Kerajaan Saljk Rum ini kemudian terpecah-pecah dalam beberapa kerajaan kecil. Usman pun menyatakan kemerdekaan dan berkuasa penuh atas daerah yang didudukinya. Sejak saat itulah kerajaan Usmani dinyatakan berdiri. Penguasa pertamanya adalah Usman yang disebut juga Usman I.

Setelah Usman I mengumumkan dirinya sebagai Padisyah Al Usman (raja besar keluarga Usman) tahun 699 H atau tahun 1300 M setapak demi setapak wilayah kerajaan diperluasnya, ia menyerang daerah perbatasan izantium dan menaklukkan kota Broessa tahun 1317 M. kemudian pada tahun 1326 M dijadikan sebagai Ibukota kerjaan. Pada masa Pemerintahan Orkhan (1326 – 1359 M) Kerajaan Turki Usmani ini dapat menaklukkan Azmir (Smirna) tahun 1327 M, Thawasyanli (1330 M), Uskandar (1338 M), Ankara (1354), dan gallipoli (1356). Daerah ini adalah bagian benua Eropa yang pertama kali diduduki kerjaan Usmani.

Ketika Murad I, pengganti Orkhan, berkuasa (1359 s/d 1389), selain memantapkan keamanan dalam negeri, ia melakukan perluasan daerah ke benua Eropa. Ia dapat menaklukkan Adrianopel yang kemudian dijadikan ibu kota kerajaan baru Macedonia, Sopia, Salonia dan seluruh wilayah utara Yunani, merasa cemas terhadap keajuan ekspansi kerjaan ini di Eropa, Paus mengobarkan semangat perang. Sejumlah besar pasukan sekutu Eropa disiapkan untuk memukul mundur Turki Usmani. Pasukan ini dipimpin oleh Sijisman, raja Hongaria, namun Sultan Bayazid (1389 s/d 1403) pengganti Murad I dapat menghancurkan pasukan salib ini.

Demikianlah artikel mengenai sejarah Kerajaan Turki Usmani, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


kerajaan turki usmani, Turki Usmani, kerajaan usmani, kerajaan usmani di turki, KERAJAAN TURKI, gambar kerajaan turki usmani, turki, sejarah kerajaan turki usmani, kerajaan usmani turki, kerajaan ottoman di turki
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

1 Komentar Pada “Kerajaan Turki Usmani”

  1. blum d lengkapi dg referensinya….

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis