Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013 | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013

Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013

October 23rd, 2012 16 Comments

Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013 – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Jumlah mata pelajaran atau bidang studi Sekolah dasar SD atau sederajat pada kurukulum baru yang akan berlaku mulai tahun pelajaran 2013 – 2014.

Seperti kita ketahui saat ini pemerintah a.k.a kementerian pendidikan dan kebudayaan kemendikbud sedang meramu sebuah kurikulum baru pengganti Kurikulum KTSP yang berlaku saat ini. Kurikulum baru ini rencananya akan diterapkan di sekolah-sekolah (SD, SMP, SMA) pada tahun pelajaran 2013 – 2014.

Lantas apa saja yang perbedaan kurikulum 2013 ini dengan kurikulum yang berlaku saat ini, Untuk jenjang sekolah dasar atau SD sederajat, akan di amputasi 2 mata pelajaran yakni mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam IPA dan ilmu pengetahuan social IPS, jadi nantinya untuk SD sederajat hanya ada mata pelajaran atau bidang studi, yakni:

  • Pendidikan Agama,
  • Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan atau PKN,
  • Bahasa Indonesia,
  • Matematika,
  • Seni Budaya,
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Pengurangan mata pelajaran untuk tingkat atau jenjang SD sederajat ini dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan agar peserta didik atau para siswa tidak terlalu terjejali oleh banyaknya mata pelajaran yang mereka di bangku sekolah, diharapkan dengan pengurangan ini, kecerdasan para siswa akan terasah tanpa disertai beban dengan banyaknya mata pelajaran yang mereka diterima di sekolah.

Untuk jenjang SMP dan SMA, juga akan dilakukan perubahan kurikulum, namun sejauh ini, belum detail bagaimana kurikulum 2013 ini untuk tingkat SMP dan SMA, karena kurikulum 2013 ini sementara digodok dan belum rampung.

Rencananya Kurikulum terbaru 2103 ini akan di uji coba atau disosialisasikan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia mulai bulan Februari tahun 2013 mendatang, yup kita tunggu saja gimana detail Kurikulum SD SMP SMA terbaru tahun 2013 ini.

Demikialah artikel mengenai jumlah mata pelajaran SD pada kurikulum 2013 , semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua, jika ada saran, unek-unek atau kritik yang konstruktif tentunya, silahkan tumpahkan pada kotak komentar di bawah ini.[ps]

Tags:


kurikulum sd terbaru, kurikulum SD 2013, kurikulum 2013 sd, kurikulum 2013, perubahan kurikulum 2013, kurikulum sd tahun 2013, kurikulum 2013 sma, kurikulum smp 2013, kurikulum 2013 smp, ktsp sd 2013
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

16 Komentar Pada “Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013”

  1. ruslan says:

    kurikulum 2013 perlu disosialisasikan lebih cepat

  2. Hin Cait says:

    Mari kita dukung dan sukseskan kurikulum 2013,semoga dapat merubah mutu pendidikan secara luas.

  3. Losbon San says:

    semoga dg adanya kurikulum yg baru bisa meningkatkan kwalitas pendidikan Indonesia

  4. Losbon San says:

    smoga dengan adaanya kurikulum yg baru bisa meningkatkan kwalitas pendidikan di Indonesia

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis