Jenis-Jenis Otot Manusia


Jenis-Jenis Otot Manusia – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel pendidikan yang berjudul Jenis-jenis otot manusia. Tulang dapat bergerak dengan bantuan otot. Otot merupakan alat gerak aktif karena otot memiliki gerakan melemas atau relaksasi. dan gerakan memendek atau kontraksi. Jika otot berkontraksi, tulang akan terangkat. Gerakan tersebut dinamakan kontraksilbilitas, sementara itu , jika otot relaksasi atau melemas, tulang akan kembali kekedudukan semula, gerakan tersebut dinamakan ekstansibilitas.

Jenis-jenis Otot

Gerakan yang terjadi pada tubuh dilakukan oleh otot plos, otot lurik dan otot jantung. Secara struktur, otot-otot tersebut berbeda.

jenis-jenis otot manusia



  • Otot Lurik: merupakan otot yang melekat pada tulang rangka. Otot ini berperan menggerakkan tulang. Otot lurik tersusun atas sel-sel otot yang intinya berjumlah banyak dan terletak di tepi sel. Didalam sel-sel otot lurik, terdapat serabut-serabut yang dinamakan miofibril. Miofibril tersusun atas protein oto aktin, miosin, tropinin, dan tropomiosin. Jika diproyeksikan, susunan disebut juga daerah I (isotop). Tiap pita I dibagi oleh garis gelap transversal yang disebut garis Z. Daerah gelap dinamakan daerah A (anisotop). Pada daerah gelap (A), terdapat daerah terang (I). Daerah I-A-I dinamakan satu sarkomer.  Garis terang dan garis gelap memantulkan cahaya ke mata yang berbeda. Hal lain ini menyebabkan seakan-akan ada serat yang berbeda. Hal ini menyebabkan seakan-akan ada serat lintang atau lurik sehingga otot ini disebut otot lurik. Sebenarnya pada otot lurik tidak terdapat serat-serat lurik dipengaruhi oleh susunan saraf pusat sehingga dinamakan otot selular.
  • Otot Polos: sel otot polos berbentuk memanjang. Kedus ujungnya lancip dengan inti tunggal dan serat miofibril yang homogen sehingga tidak menggambarkan adanya serat lurik. Bentuk otot polos tersebut sangat berbeda dengan otot lurik dan otot jantung. Otot polos dijumpai pada dinding saluran pencernaan makanan, paru-paru, dinding pembuluh darah pembuluh limfa serta ovarium. Otot polos memiliki sifat lambat bereaksi terhadap rangsangan tetapi tahan lelah, dan bekerja dipengaruhi saraf tidak sadar.
  • Otot Jantung: struktur otot jantung menyerupai otot lurik, tetapi letak inti selnya di tengah. Selain itu, betuk selnya bercabang. Pada setiap percabangan, terdapat jaringan pengikat yang dinamakan diskus interkalaris. Otot jantung memiliki ciri-ciri cepat beraksi  terhadap rangsangan, tahan lelah dan dipengaruhi oleh susunan saraf tidak sadar. Susunana saraf ini adalah saraf kembar (nervus vagus) yang bersifat parasimpatis. Sel-sel jantung mendapat makanan dari arteri koronaria. Selama manusia, jantung terus terus berkontraksi dan jumlah kontraksi  setiap menit adalah 72 kali. Kontraksi jantung akan meningkat dengan rangsangan hormon adrenalin.

Demikianlah artikel pustaka sekolah yang berjudul jenis-jenis otot, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


otot manusia, nama otot manusia, Nama-nama otot, Nama nama otot, jenis-jenis otot, nama nama OTOT manusia, jenis jenis otot, jenis otot, struktur otot manusia, gambar otot manusia

Artikel Terkait Dengan: "Jenis-Jenis Otot Manusia"

Response on "Jenis-Jenis Otot Manusia"