Jenis Jenis Gerak

Jenis Jenis Gerak Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.

Macam-Macam Gerak

Gerak Semu atau Relatif

Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi).

Contoh :

  • Benda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak.
  • Bumi berputar pada porosnya terhadap matahari, namun sekonyong-konyong kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.

gerak

Gerak Ganda

Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.

Contoh :

Seorang bocah kecil yang kurus dan dekil melempar puntung rokok dari atas kereta rangkaia listrik saat berjalan di atap krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda di sekitarnya, yaitu :

  • Gerak terhadap kereta krl
  • Gerak terhadap bocah kecil yang kurus dan dekil
  • Gerak terhadap tanah / bumi

Gerak Lurus

Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

Gerak lurus beraturan (GLB). Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil.

Misal :

  • Kereta melaju dengan kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus
  • Mobil di jalan tol dengan kecepatan tetap stabil di dalam perjalanannya.

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Misalnya :

  • Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap ke lantai
  • Mobil yang bergerak di jalan lurus mulai dari berhenti

Dalam prakteknya, sebuah benda dapat melakukan beberapa jenis gerak. Gerak itu masing-masing dibedakan berdasarkan Keadaan benda dan bentuk lintasannya. Berikut ini akan kita uraikan penjelasannya:



Gerak Menurut Keadaan Benda

Gerakan benda juga dapat dibedakan atas dua macam yaitu gerak yang sebenarnya dan gerak semu. Gerak yang sebenarnya adalah gerak suatu benda yang diakibatkan oleh perubahan jarak atau posisi benda terhadap titik acuan. Sedangkan gerak semu adalah gerakan suatu benda yang sebenarnya diam namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seolah-olah bergerak. Gerak semu ini biasanya diakibatkan oleh karena keadaan pengamat yang sedang berada dalam suatu sistem yang bergerak.

Pada saat kita naik bus, pohon-pohon di tepi jalan seperti bergerak berlari meninggalkan kita. Padahal, sebenarnya yang bergerak adalah bus di mana kita sedang berada di dalamnya. Contoh lain dari gerak semu ini adalah gerak Matahari yang terbit disebelah timur, dan terbenam disebelah barat. Padahal yang sebenarnya bergerak adalah bumi dan pengamat yang berada di atasnya, sedangkan Matahari dapat dianggap diam. Dalam hal ini, Bumi yang berotasi adalah suatu sistem yang sedang bergerak, dan pengamat berada di atasnya.

Gerak Menurut Bentuk Lintasan

Gerak dapat dibedakan menurut lintasannya. Terdiri dari:

  • Gerak lurus: Gerak yang lintasannya berbentuk garis lurus. Lintasan adalah titik-titik berurutan yang dilalui oleh suatu benda yang sedang bergerak. Contoh benda yang bergerak lurus adalah gerak benda jatuh bebas, misalnya buah kelapa yang jatuh dari tangkainya. Contoh lainnya, misalnya kelereng yang menggelinding dengan lintasan lurus dan pesawat yang sedang terbang dengan lintasan lurus di udara. Apakah mobil dapat melakukan gerak lurus? Dapat saja, asalkan dalam gerakannya itu diusahakan lintasannya lurus.
  • Gerak melingkar: Gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran atau bagian dari lingkaran itu. Dalam gerak melingkar jarak benda dengan pusat putaran tetap, namun posisi benda terhadap pusat lingkaran berubah. Contoh gerak melingkar antara lain: ujung jarum jam yang melingkari pusat putarannya dan asteroid yang bergerak mengelilingi Matahari.
  • Gerak parabola: gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola. Contoh untuk gerak parabola ini misalnya benda yang dilempar dengan sudut elevasi tertentu terhadap bidang datar dan bola yang ditendang melambung ke atas. Ada fenomena menarik tentang gerak parabola ini. Misalnya sebuah benda pada ketinggian tertentu dilemparkan dalam arah horizontal. Ternyata, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tanah adalah sama dengan waktu yang dibutuhkan oleh benda yang dijatuhkan vertikal tanpa kelajuan awal dan ketinggian yang sama. Fenomena ini menunjukkan kepada kita bahwa gaya tarik bumi (gaya gravitasi bumi) memberikan percepatan ke bawah yang sama besar kepada kedua benda tersebut.
  • Gerak tidak beraturan: gerak benda dengan lintasan yang tidak beraturan disebut gerak tidak beraturan.

Demikianlah artikel mengenai Jenis Jenis Gerak, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


contoh gerak semu, Pengertian gerak semu, gerak semu, gerak pada benda, macam gerak, Contoh Gerak relatif, gerak semu adalah, contoh gerak, pengertian gerak relatif, Gerak relatif

Artikel Terkait Dengan: "Jenis Jenis Gerak"

Response on "Jenis Jenis Gerak"