Jenis-jenis Gerak Manusia | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Jenis-jenis Gerak Manusia

Jenis-jenis Gerak Manusia

April 29th, 2012 6 Comments

Jenis-jenis Gerak Manusia –  Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini, Pustaka sekolah akan berbagi informasi atau artikel pendidikan yang berjudul Jenis-jenis gerak manusia. Gabungan antara otot dan tulang menghasilkan suatu gerak, secara umum, gerak pada tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi gerak sinergis dan gerak antagonis, berikut ini penjelasan dtailnya:

Gerak Sinergis

Gerak sinergis adalah gerak selaras yang melibatkan dua atau lebih macam otot untuk suatu gerakan tubuh. Dengan kata lain, otot-otot yang terlibat akan berkontraksi atau berelaksasi secara bersamaan. Sebagai contoh adalah gerakan otot-otot leher dan otot-otot punggung.

jenis-jenis gerak manusia

Gerak Antagonis

Gerak antaginis adalah gerak yang belawanan antara dua atau lebih macam otot yang mengendalikan gerak pada suatu bagian tubuh. Gerak antagonis yang paling banyak dikenal disebut otot bisep dan trisep.

Ketika lengan bawah terangkat, otot bisep berelaksasi, sedangkan otot trisep berkontraksi.

Otot bisep memiliki dua buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang radius.

Otot trisep memiliki 3 buah tendon sebagai origo, yakni dua buah melekat pada humerus dan satu buah melekat pada skapula. Sementara itu, insersinya melekat pada tulang ulna.

Jika otot bisep berkontraksi, tulang lengan bawah (radius dan ulna) akan terangkat ke atas dan otot trisep relaksasi. Apabila otot trisep berkontraksi, radius dan ulna akan lurus dengan humerus. Otot bisep bersifat membengkokkan tulang, yakni radius dan ulna sehingga disebut sebagai otot fleksor. Otot trisep bersifat meluruskan tulang, yakni radius ulna sehingga disebut sebagai otot ekstensor. Dengan kata lain, jenis gerakan yang terjadi pada radius ulna adalah fleksi-ekstensi.

Gerakan antagonis lainnya adalah abduksi-adduksi (menjauh – mendekati) dan pronasi – supinasi (menelungkup – menengadah). Sebaimana telah disinggung sebelumnya, gerak abduksi – adukasi dapat terjadi pada lengan dan tungkai. Sementara itu, gerak pronasi – supinasi dapat terjadi pada telapak tangan.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenai jenis-jenis gerak manusia, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


otot, gerak antagonis pada tubuh manusia, jenis jenis gerak, gerak antagonis pada tubuh manusia dapat terjadi pada saat, jenis-jenis gerak, jenis gerak, apabila otot trisep berkontraksi gerakan yang terjadi pada otot bisep adalah, gerak sinergis, gerak antagonis, macam macam gerak
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

6 Komentar Pada “Jenis-jenis Gerak Manusia”

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis