Jamsostek: Manfaat dan Penggunaannya | Pustaka Sekolah

Home > Umum > Jamsostek: Manfaat dan Penggunaannya

Jamsostek: Manfaat dan Penggunaannya

January 4th, 2012 1 Comment

Jamsostek: Manfaat dan Penggunaannya – Sahabat Pustakers, pada ksempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan share mengenai Jamsostek, Manfaat  dan penggunaannya. Sebelum membahas mengenai manfaat dan cara menggunakan Jamsostek ini, maka sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu apa itu Jamsostek. Jamsostek adalah akronim dari Jaminan Sosial Tenaga kerja yan g hadir untuk memberikan pelayanan kepada tenaga kerja dan menadi mitra dari para pengusaha.

Siapa saja yang bisa mendapatkan Jamsostek

Jaminan sosial tenaga kerja bisa diikuti oleh setiap pekerja atau karyawan atau buruh yang perusahaan tempatnya bekerja bekerja sama dengan PT. Jamsostek.

Program Jamsostek

Jamsostek sebagai perusahaan yang berpihak kepada pekerja, buruh, karyawan ini mempunyai banyak program, diantaranya:

Jaminan Hari tua (JHT)

Program Jaminan Sosial merupakan program perlindungan yang bersifat dasar bagi tenaga kerja yang bertujuan untuk menjamin adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko-risiko sosial ekonomi, dan merupakan sarana penjamin arus penerimaan penghasilan bagi tenaga kerja dan keluarganya akibat dari terjadinya risiko-risiko sosial dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja. Risiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh program tersebut terbatas saat terjadi peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, hari tua dan meninggal dunia, yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja dan/atau membutuhkan perawatan medis Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial ini menggunakan mekanisme Asuransi Sosial.

Jaminan Pemerikaan Kesehatan (JPK)

Prosedur Pelayanan Pemeriksaan Penunjang:

  1. Pasien yang memerlukan pemeriksaan penunjang diagnostik, membawa perintah pemeriksaan dari PPK I atau dokter spesialis disertai dengan fotocopy KPK ke bagian penunjang diagnostik tujuan.
  2. Pembuatan jaminan persetujuan pemeriksaan penunjang diagnostik diperlukan untuk beberapa penunjang diagnostik tertentu, antara lain untuk pemeriksaan penunjang diagnostik CT Scan, echocardiografi, endoscopy, radiologi disertai zat kontras, treadmill, USG.
  3. Poli penunjang diagnostik tujuan melakukan pemeriksaan sesuai permintaan dokter spesialis.
  4. Pasien akan menandatangani formulir Bukti Pemeriksaan dan Tindakan setelah selesai pemeriksaan.
  5. Hasil pemeriksaan penunjang disampaikan kembali ke PPK I atau ke dokter spesialis.

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Kecelakaan kerja termasuk penyakit akibat kerja merupakan risiko yang harus dihadapi oleh tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya. Untuk menanggulangi hilangnya sebagian atau seluruh penghasilan yang diakibatkan oleh adanya risiko-risiko sosial seperti kematian atau cacat karena kecelakaan kerja baik fisik maupun mental, maka diperlukan adanya jaminan kecelakaan kerja. Kesehatan dan keselamatan tenaga kerja merupakan tanggung jawab pengusaha sehingga pengusaha memiliki kewajiban untuk membayar iuran jaminan kecelakaan kerja yang berkisar antara 0,24% – 1,74% sesuai kelompok jenis usaha.

Jaminan Kematian (JK)

Jaminan Kematian diperuntukkan bagi ahli waris dari peserta program Jamsostek yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Jaminan Kematian diperlukan sebagai upaya meringankan beban keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman maupun santunan berupa uang. Pengusaha wajib menanggung iuran Program Jaminan Kematian sebesar 0,3% dengan jaminan kematian yang diberikan adalah Rp 12 Juta terdiri dari Rp 10 juta santunan kematian dan Rp 2 juta biaya pemakaman* dan santunan berkala.

Serta beberapa Program Jamsostek lainnya, Jika anda ingin mengetahui secara lengkap dan detail tentang Jamsosten manfaat  dan penggunaannya, silahkan anda mengunjungi portal resmi Jamsostek di www.jamsostek.co.id, disana akan tertera secara terperinci hal-hal apa yang ingin anda ketahui tentang jamsostek.

Demikianlah artikel mengenai Jamsostek: manfaat dan penggunaannya, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps].

Tags:


makalah jamsostek, tujuan jamsostek, Cara menggunakan jamsostek, makalah tentang jamsostek, pengertian jamsostek, contoh makalah jamsostek, artikel jamsostek, artikel tentang jamsostek, penggunaan jamsostek, apa itu jamsostek
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

1 Komentar Pada “Jamsostek: Manfaat dan Penggunaannya”

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis