Ingin Liburan ke Tegal? Jangan Lupa Membawa Oleh-Oleh Khas Ini!

Wednesday, January 3rd, 2018 - Umum

Anda tak perlu pergi jauh-jauh jika hanya punya waktu liburan yang singkat. Tinggal memesan tiket kereta online melalui toko online terpercaya, maka Anda pun bisa segera berlibur ke kawasan Jawa Tengah. Salah satu kota yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah Tegal. Anda bisa berhenti di Stasiun Tegal yang berada di perbatasan Kelurahan Panggung dan Slerok kemudian langsung mencari penginapan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Tegal, jangan lupa membawa oleh-oleh khas ini saat pulang nanti. Ternyata Tegal juga memiliki varian oleh-oleh yang tak kalah istimewa dibandingkan daerah lainnya:

Tahu Aci

Siapa sih yang tak kenal dengan tahu aci khas Tegal. Tahu aci merupakan olahan tahu kuning berukuran kecil yang bagian tengahnya diberi adonan sagu. Perpaduan tekstur tahu yang lembut dan aci yang kenyal membuat camilan ini semakin lezat. Tahu aci paling sedap jika disantap dalam keadaan hangat.

Latopia

Oleh-oleh yang satu ini dikenal juga dengan sebutan latopnya. Kalau dilihat sepintas, latopia memang mirip bakpia Yogyakarta. Bedanya, latopia berukuran lebih besar dan isinya lebih padat daripada bakpia. Latopia pasti lebih mengenyangkan saat disantap sebagai camilan.

Kerupuk Antor

Anda pernah mencicipi kerupuk antor?

Kerupuk yang satu ini sebenarnya mirip dengan kerupuk bawang yang sering Anda nikmati. Namun, kerupuk antor ukurannya lebih kecil dan rasanya lebih gurih. Olahan bumbu khas Tegal membuat warna kerupuk ini lebih pekat dan rasanya kuat. Kini, kerupuk antor hanya bisa ditemui di beberapa pasar tradisional Tegal di kawasan Banjaran, Trayeman, dan pasar-pasar lainnya.

Kacang Bogares

Kacang bogares memang kelihatan sama seperti jenis kacang lainnya. Hal yang membedakan kacang yang satu ini adalah cita rasa bumbu yang lebih kuat sehingga rasanya lebih sedap. Anda bisa membawa pulang kacang bogares sebagai oleh-oleh karena tahan lama dan mudah dikemas.

Pilus

Oleh-oleh khas Tegal yang satu ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan aneka jenis bumbu lainnya. Biasanya pilus didominasi oleh rasa bawang putih yang cukup dominan. Anda tak hanya bisa menikmati pilus begitu saja. Sebab pilus juga cocok dipadukan dengan makanan berkuah lainnya seperti bakso. Tekstur pilus yang renyah akan memperkaya cita rasa makanan yang sedang Anda santap.

Manisan Cermai

Buah cermai memang sudah jarang terdapat di kota-kota besar. Namun Anda masih bisa menemukannya dengan cukup mudah di Tegal. Karena manisan cermai merupakan salah satu oleh-oleh istimewa khas Tegal. Di kawasan Guci, Anda bisa menemukan penjual manisan cermai dengan mudah. Anda juga bisa membeli buah cermai yang belum diolah jika ingin mencoba membuat manisan sendiri di rumah.

Poci dari Tanah Liat

Tegal terkenal dengan minuman khas berupa teh poci. Bila Anda ketagihan dengan suguhan teh poci khas Tegal, cobalah untuk membeli bahan teh dan pocinya sendiri. Supaya Anda bisa membuat seduhan teh poci khas Tegal di rumah. Satu set poci tanah liat untuk menyeduh teh dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Anda juga bisa menjadikan benda yang satu ini sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat.

Karena sekarang Anda sudah tahu tentang aneka oleh-oleh khas Tegal, Anda pasti tak kesulitan lagi jika sedang mampir ke daerah tersebut. Tinggal siapkan budget dan daftar oleh-oleh yang ingin Anda beli. Maka Anda pun bisa berburu aneka oleh-oleh di Tegal dengan harga terjangkau. Selamat menikmati wisata istimewa dan oleh-oleh khas Tegal!.[ps]

Advertisement
loading...
Ingin Liburan ke Tegal? Jangan Lupa Membawa Oleh-Oleh Khas Ini! | admin | 4.5