Hindu-Buddha di Indonesia | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Hindu-Buddha di Indonesia

Hindu-Buddha di Indonesia

May 30th, 2012 0 Comments

Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel yang membahas mengenai Hindu Buddha di Indonesia.  (Untuk agama Hindu akan di update tersendiri)Agama Buddha adalah sebuah agama dan filsafat yang berasal dari anak benua India dan meliputi beragam tradisi kepercayaan, dan praktik yang sebagian besar berdasarkan pada ajaran yang dikaitkan dengan Siddhartha Gautama, yang secara umum dikenal sebagai Sang Buddha (berarti “yang telah sadar” dalam bahasa Sanskerta dan Pali).

Sang Buddha hidup dan mengajar di bagian timur anak benua India dalam beberapa waktu antara abad ke-6 sampai ke-4 SEU (Sebelum Era Umum). Beliau dikenal oleh para umat Buddha sebagai seorang guru yang telah sadar atau tercerahkan yang membagikan wawasan-Nya untuk membantu makhluk hidup mengakhiri ketidaktahuan/kebodohan (avidyā), kehausan/napsu rendah (taṇhā), dan penderitaan (dukkha), dengan menyadari sebab musabab saling bergantungan dan sunyatam dan mencapai Nirvana (Pali: Nibbana).

Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran sang hyang Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha),Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).

Buddha di indonesia

Melalui hubungan perdagangan, berkembang kebudayaan-kebudayaan yang dibawa oleh para pedagang di Indonesia. Hubungan perdagangan antara Indonesia dan India membawa agama Hindu dan Buddha tersebar di Indonesia serta dianut oleh raja-raja dan para bangsawan. Dari lingkungan raja dan bangsawan itulah Hindu Buddha tersebar ke lingkungan rakyat kebanyakan.

Penyiaran agama buddha di Indonesia lebih awal dari agama hindu. Dalam penyebarannya agama Buddha mengenal adanya misi penyiar agama yang disebut Dharmadhuta. Tersiarnya agama Buddha di Indonesia, diperkirakan sejak abad ke-2 masehi, dibuktikan dengan penemuan arca buddha dari perunggu di jember, Jawa imur dan di mamuju sulawesi Barat. Arca-arca itu berlanggam Amarawati. Namun, belum diketahui siapa pembawanya dari India selatan ke indonesia. Disamping itu, juga ditemukan arca Buddha dari batu di Palembang.[ps]

Tags:


misi penyebaran agama budha, misi penyiaran agama buddha, misi penyebaran agama hindu disebut, misi penyebaran agama budha dikenal dengan nama, misi penyebaran agama budha disebut, tempat penemuan arca budha di indonesia, Penyiaran agama buddha di indonesia, penyiaran agama hindu budha di indonesia, arca budha, Dharmadhuta
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis