Getah Pinus Malino


Getah Pinus Malino – Malino sebuah daerah dataran tinggi yang terletak di wilayah Administratif Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Punya banyak potensi. Potensi Itu antara lain, pada bidang pariwisata dan perkebunan. Khusus untuk bidang perkebunan, potensinya amat tinggi disini. Sudah selayaknya investor-investor menanamkan sahamnya di daerah ini, baik untuk sector pariwisata maupun Sektor perkebunan.

Pohon Pinus adalah salah satu tumbuhan yang banyak terdapat didaerah Malino, Parigi dan sekitarnya. Pinus disamping berfungsi sebagai tumbuhan vegetasi hutan, juga berfungsi sebagai area wisata nyaman, dikarenakan oleh kerimbunan pohon pinus yang khas yang menambah sejuknya alam sekitar, terutama di kebun pinus malino.

Tusam atau pinus adalah sebutan bagi sekelompok tumbuhan yang semuanya tergabung dalam marga pinus. Di Indonesia penyebutan tusam atau pinus biasanya ditujukan pada tusam Sumatera (Pinus merkusii Jungh. et deVries). Tusam kebanyakan bersifat berumah satu (monoecious), yaitu dalam satu tumbuhan terdapat organ jantan dan betina namun terpisah, meskipun beberapa spesies bersifat setengah berumah dua (sub-dioecious).

Salah satu yang belum maksimal dikelola adalah getah Pinus di malino, padahal potensi getah pinus malino itu sangat besar. Jadi buat investor, silahkan menanamkan modalnya dalam usaha getah Pinus malino, silahkan hubungi Pihak berwenang di Kabupaten Gowa, jika berminat dalam hal ini.

Manfaat Getah Pinus

Pohon pinus yang banyak terdapat di Malino Kabupaten Gowa ternyata menghasilkan getah yang sangat berguna untuk kita,hasil dari getah pinus itu bisa menghasilkan minyak terpentin yang mengandung senyawa terpene yaitu salah satu isomer hidrokarbon tak jenuh dari C10 H163  terutama monoterpene alfa-pinene dan beta-pinene, terpentin biasanya digunakan sebagai pelarut untuk mengencerkan cat minyak,bahan campuran vernis yang biasa kita gunakan untuk mengkilapkan permukaan kayu dan bisa untuk bahan baku kimia lainnya.



Aroma terpentin harum seperti minyak kayu putih, karena keharumannya itu terpentin bisa digunakan untuk bahan pewangi lantai atau pembunuh kuman  yang biasa kita beli, tapi ada lagi kegunaan lain dari terpentin sebagai bahan baku pembuat parfum, minyak esensial dari getah pinus ini diekstrak sehingga bisa menghasilkan terpinol yaitu alfa-terpinol merupakan salah satu dari 3 jenis alkohol isomer beraroma harum. Terpineol bisa bermanfaat untuk kesehatan yaitu untuk relaksasi  bila digunakan sebagai bahan campuran minyak pijat.Aromanya yang harum dijadikan minyak pijat aromaterapi karena saat dioleskan kekulit akan terasa relaksasinya bila digunakan dengan dosis sesuai aturan. Bisa digunakan juga untuk bahan makanan tapi bukan dalam bentuk getahnya melainkan dari gum rosin yang telah diesterfikasi dengan gliserol dibawah atmosfir nitrogen menjadi gum rosin ester, salah satu bahan tambahan pembuatan permen karet sehingga menjadi kenyal dan lentur. Aman untuk dikonsumsi karena sudah diuji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat jadi Anda tidak perlu khawatir memakan permen karetnya. Gondorukem didapat dari hasil pengolahan getah pinus,bersifat rapuh,bening,mempunyai titik leleh rendah dan bau khas terpentin serta tidak larut dalam air.

Manfaat gondorukem adalah : Industri Batik : bahan penyampur lilin batik sehingga diperoleh malam.kebutuhn kira-kira 2.500 ton/thn. Industry kertas : bahan pengisi dalam pembuatan kertas.kebutuhan kira-kira 0,5 % dari produksi kertas atau 2.000 ton/thn. Industry sabun : sebagai campuran kira-kira 5-10% dari berat sabun. Pembuatan Vernish,tinta,bahan isolasi listrik,korek api,lem,industry kulit dan lalin-lain. Di luar negeri manfaat lain gondorukem dan derivatnya digunakan untuk membuat resin sintetis,plastic,lem,aspal,bahan pliitur,lak sintetis,industry sepatu,galangan kapal,dll. Untuk minyak terpentin-nya dapat digukana secara langsung dan muurni melalui upaya distilalsi ualng serta melalui pengolahan lanjutan,misalnya untuk pelarut organic,pelarut resin,bahan semir sepatu,logam dan kayu dan bahan kamfer sintetis dll.

Demikianlah artikel mengenai Getah Pinus Malino, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


manfaat getah pinus, manfaat getah pohon pinus, kegunaan getah pinus, manfaat pinus, getah pohon pinus banyak digunakan untuk bahan baku pembuatan, manfaat pohon pinus, manfaat kayu pinus, getah pinus, fungsi getah pinus, kegunaan getah pohon pinus

Artikel Terkait Dengan: "Getah Pinus Malino"

Response on "Getah Pinus Malino"