Gelombang Elektromagnetik


Gelombang Elektromagnetik Salah satu jenis gelombang yang terdapat di alam adalah gelombang elektromagnetik. Cahaya yang kita nikmati setiap harinya termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik. Sinar inframerah sinar ultraviolet juga masuk dalam kategori gelombang elektromagnetik. Defenisi gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium. Setiap jenis gelombang mempunyai sifat tersendiri.

Sifat gelombang elektromagnetik, yaitu: Gelombang elektromagnetik dapat menjalar, melalui ruang hampa dengan kecepatan mendekati 300 juta meter per detik (m/s). Gelombang elektromagnetik terdiri atas medan listrik dan medan magnet, dan termasuk gelombang transversal. Gelombang elektromagnetik dihasilkan oleh getaran medan-medan listrik dan medan-medan magnet yang saling tegak lurus dan menghasilkan arah penjalaran gelombang saling tegak lurus satu dengan lainnya.

Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik dipancarkan ketika energi partikel-partikel bermuatan listrik berubah dalam dua cara. Cara pertama, yaitu ketika sebuah elektron berpindah ke orbit yang lebih dalam (orbit yang energinya lebih rendah). Cara kedua, yaitu ketika elektron-elektron atau inti atom bergetar, sehingga energi kinetisnya berubah. Makin besar perubahan energi, atau makin cepat getarannya, makin tinggi frekuensi atau makin pendek panjang gelombang yang dipancarkan. Misalnya perubahan energi untuk menghasilkan sinar-X lebih besar daripada untuk menghasilkan gelombang radio.

Gelombang radio termasuk ke dalam jenis gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang terbesar atau frekuensi terkecil. Gelombang ini dihasilkan dengan membuat elektron-elektron bergetar pada antena. Gelombang radio digunakan untuk memancarkan bumyi dan informasi gambar melalui jarak yang sangat jauh. Gelombang radio meliputi daerah panjang gelombang dari beberapa mm sampai ke beberapa km. Panjang gelombang terpendek disebut gelombang mikro (microwaves). Gelombang ini dipancarkan oleh antena berbentuk piring kecil berbentuk antena. Gelombang mikro digunakan pada radar. Gelombang ini dapat digunakan dalam sebuah oven untuk memasak makanan dengan cepat. Gelombang mikro menghasilkan efek panas ketika gelombang ini diserap. Makanan menyerap frekuensi gelombang mikro tertentu dengan sangat kuat, sehingga makanan masak dengan cepat.

Jenis gelombang elektromagnetik lainnya adalah sinar-X. Sinar-X memiliki panjang gelombang lebih kecil daripada sinar ultraungu. Sinar-X dihasilkan ketika elektron-elektron yang bergerak cepat kehilangan energi dengan cepat. Sinar-X dapat menembus benda-benda padat, misal: kayu yang tebalnya beberapa cm, pelat aluminium setebal 1 cm. Sinar-X dapat memberi efek pada film. Tulang-tulang pada badan kita tidak mudah ditembus cahaya seperti jaringan sel-sel tubuh lainnya. Oleh karena itu sinar-X dapat digunakan untuk memotret kedudukan tulang-tulang, khususnya untuk menentukan letak tulang yang patah.

Sinar gamma termasuk juga dalam jenis gelombang elektromagnetik. Sinar ini memiliki spektrum gelombang yang memiliki daya tembus lebih kuat dan lebih berbahaya daripada sinar-X. Sinar ini dihasilkan dari peristiwa radioaktivitas dari unsur-unsur tidak stabil atau dari proses penghancuran antara positron dan elektron.

Spektrum adalah sebuah kata lain yang berarti “hantu” atau bayangan hitam. Kata Spektrum  pertama kali digunakan oleh Isaac Newton pada tahun 1671. Untuk menjelaskan bayangan sinar yang dibentuk oleh prisma menyerupai pelangi yang berwarna warni seperti lagu anak TK “pelangi-pelangi” yang dinamakan spektrum gelombang elektromagnetik.

Spektrum gelombang elektromagnetik terdiri atas tujuh macam gelombang yang dibedakan berdasarkan frekuensi serta panjang gelombang tetapi cepat rambat di ruang hampa adalah sama. Yaitu c =3 x 108 m/s. Seperti yang sudah dibahas dalam teori Maxwell tentang gelombang elektromagnetik. frekuensi gelombang terkecil adalah gelombang cahaya serta panjang gelombang terbesar sedangkan frekuensi terbesar adalah sinar gamma serta panjang gelombang terpendek.



Urutannya adalah:

  1. gelombang radio dan televisi 
  2. gelombang mikr
  3. infra merah
  4. cahaya tampak
  5. ultraviolet
  6. siar x
  7. sinar gamma

Urutan dari atas ke bawah adalah frekuensi makin besar serta panjang gelombang makin pendek karena frekuensi dan panjang gelombang berbanding terbalik seperti yang sudah dibahas pada gejala-gejala gelombang.

Berikut kegunaan serta sifat dari spektrum gelombang elektromagnetik

  • Gelombang radio dan Televisi. Gelombang radio dan televisi, memiliki frekuensi terkecil untuk semua spektrum gelombang elektromagnetik frekuensi dimulai dari 30 kHz . sumbernya adalah oscilator elektronik yang bergetar. Gelombang ini memiliki kegunaan serta dikelompokkan tergantung kepada panjang gelombangnya serta frekuensinya. Mulai dari alat komunikasi radio FM, Televisi serta telepon.
  • Gelombang Mikro. Gelombang mikro merupakan gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi(SHF=Super High Frekuensi), yaitu 3 GHz (3 x 109 Hz).Gelombang mikro dihasilkan oleh peralatan yang dinamakan tabung klystron. Kegunaanya adalah sebagaipenghantar energi panas yang digunakan pada oven mikrowave(mikrowave oven) untuk memasak makan lebih cepat serta ekonomis. Kegunaan lain adalah pada antene RADAR(Radio Detection and Ranging) pesawat radar ini bekerja menggunakan sifat pemantulan seperti halnya pada binatang kelelawar yang menggunakan ultrasonic untuk penginderaan.
  • Infra merah. Sinar infra merah memiliki daerah dengan jangkauan frekuensi 1011 sampai 1014 Hz. Sinar infra merah dihasilkan oleh elektron dari molekul-molekul yang bergetar karena panas. Misalnya bara api, nyala api, tubuh manusia. Sumber infra merah terbesar adalah matahari. Sinar ini memiliki sifat membawa energi panas, sehingga dengan intensitas yang tinggi bisa membakar kuli. Sifat lainnya tidak terlihat tetapi dapat menghitamkan pelat foto sehingga digunakan untuk penginderaan pada tempat gelap, kamera infra merah serta membuat foto satelit seperti yang digunakan dalam google earth.
  • Cahaya atau sinar tampak. Sinar tampak adalah satu-satunya spektrum gelombang elektromagmnetik yang dapat dilihat semuanya terdiri dari tujuh spektrum warna yaitu: merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu. Sinar merah memiliki panjang  gelombang terpanjang tetapi frekuensi terkecil serta ungu panjang gelombang terpendek tapi frekuensi terbesar.
  • ultraviolet. Sinar ultraviolet  dihasilkan oleh atom dan molekul dalam loncatan nyala api listrik. Memiliki energi kmia sehingga bisa memendarkan barium platina sianida, menghitamkan pelat foto serta dapat membunuh bakteri juga kuman-kuman. Sebagai detektor untuk membedakan antara uang asli dan palsu.  Sumber-sumber ultraviolet adalah matahari, busur karbon,lampu mercury.
  • Sinar-x. disebut juga sinar rontgen  dihasilkan oleh elektron-elektron yang terletak dibagian kulit elektron atau dari pancaran radisi yang keluar ketika elektron yang berkecepatan tinggi menumbuk permukaan logam. Mempunyai daya tembus sangat besar sehingga dapat digunakan untuk memotret susunan tulang dalam tubuh, misalnya untuk menentukan letak tulang yang retak akibat kecelakaan. Termasuk berbahaya karena dapat mengionisasi sel hidup sehingga tidak boleh digunakan oleh ibu hamil maka untu melihat janin dalam kandungan digunakan ultrasonografi.
  • Sinar gamma. sinara gamma, memiliki frekuensi paling besar serta panjang gelombang terkecil diantara spektrum gelombang elektromagnetik sehingga daya tembus sangat besar dapat menembus pelat besi. Dihasilkan dari inti atom yang tidak stabil . Dapat digunakan  untuk membunuh sel kanker serta sterilisasi alat-lat kedokteran.

Demikianlah artikel mengenai Gelombang Elektromagnetik, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


gelombang elektromagnetik untuk membunuh sel kanker, sifat dan penggunaan gelombang elektromagnetik, gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang terpanjang adalah, gelombang untuk membunuh sel kanker, sifat dan kegunaan gelombang elektromagnetik, urutan gelombang elektromagnetik dari energi terbesar, gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang terpendek adalah, Gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang terpanjang, macam macam gelombang elektromagnetik, gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang terpendek

Artikel Terkait Dengan: "Gelombang Elektromagnetik"

Response on "Gelombang Elektromagnetik"