Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah – Biasa juga disebut sebagai bulan haji, merupakan bulan ke-12 dalam penanggalan tahun Islam atau tahun Hijriyah. Pada bulan ini, dilaksanakan rukun Islam yang ke-5 aau berhaji di Baitullah (Mekkah), bulan Dzulhijjah juga merupakan bulan dimana umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha aau lebara haji. Bulan Dzulhijjah menggantikan bulan Dzulkaidah dan digantikan oleh Bulan Muharram. Sebaimana kita ketahui Bulan haji merupakan bulan penutup dari tahun Hijriyah.Berikut ini akan dipaparkan secara detail hal-hal yang barkaitan dengan bulan Dzulhiijah Tersebut.

Kapan Bulan Dzuhijjah 2013

  • Bulan Dzulhijjah tahun 2013 ini akan jatuh pada hari Ahad / Minggu 6 Oktober 2013 dan berakhir pada hari Ahad / Minggu 3 November 2013.

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

Salah satu diantara musim-musim tersebut adalah bahwa dalam satu tahun ada dua bulan (musim) yang didalam bulan tersebut amalan-amalan shaleh yang kita kerjakan lebih utama dibandingkan pada bulan-bulan lainnya, yaitu 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Ayat-ayat Al Qur’an dan Hadits-hadits Nabi SAW banyak sekali yang menjelaskan tentang keutamaan amal ibadah yanh dikerjakan pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, antara lain Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Demi fajar dam demi malam yang sepuluh.”

Dikatakan oleh Imam Ibnu Katsir malam sepuluh adalah 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah. “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian dari padanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (Al-Hajj: 28)

Kedua ayat diatas dengan sangat jelas menerangkan keistimewaan 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah. Dan Nabi Muhammad SAW juga telah menjelaskan dalam sabdanya yang artinya: Di riwayatkan oleh imam bukhori dari Ibn Abbas RA bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada hari yang mana amalan shaleh di dalamnya lebih dicintai oleh Allah SWT daripada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Lalu sahabat bertanya, walaupun jihad di sabilillah? Rasul Allah SAW menjawab, walaupun berperang di jalan Allah kecuali orang yang keluar berperang dengan (mengorbankan) dirinya dan hartanya kemudian tidak kembali sama sekali (meninggal).”

Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al-Qur’an maupun Hadits-Hadits Nabi SAW yang menjelaskan tentang keutamaan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para Ulama mengatakan bahwasanya paling mulianya hari dalam satu tahun adalah 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah dan paling mulianya malam dalam satu tahun adalah 10 malam terakhir dari bulan Ramadhan. Ulama mengatakan, “Barangsiapa memuliakan atau menghidupkan 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah dengan amalan-amalan ibadah maka Allah Ta’ala akan memberinya 10 keistimewaan, yaitu:



  • Allah memberikan berkah pada umurnya;
  • Allah menambah rezekinya;
  • Allah menjaga diri dan keluarganya;
  • Allah mengampuni dosa-dosanya;
  • Allah melipatgandakan pahalanya;
  • Di mudahkan keluarnya nyawa ketika dalam keadaan sakaratul maut; – Allah menerangi kehidupannya;
  • Di beratkan timbangan kebajikannya;
  • Terselamatkan dari semua kesusahannya;
  • Di tinggikan derajatnya di sisi Allah Ta’ala.

Amalan di Bulan Dzulhijjah

Adapun amalanpada bulan haji ini antara lain:

  • Memperbanyak puasa di sembilan hari pertama. Dianjurkan memperbanyak puasa di sembilan hari bulan Dzulhijjah. Terutama puasa hari arafah, tanggal 9 Dzulhijjah. Abu Qatadah radliallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“…puasa hari arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa, pen.) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Ahmad dan Muslim).
  • Mengucapkan takbir (takbiran). Takbiran di bulan Dzulhijjah ada dua: 1. Takbiran hari raya yang tidak terikat waktu adalah takbiran yang dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama masih dalam rentang waktu yang dibolehkan. 2. Takbir mutlak menjelang Idul Adha dimulai sejak tanggal 1 Dzulhijjah sampai waktu asar pada tanggal 13 Dzulhijjah. Selama tanggal 1 – 13 Dzulhijjah, kaum musliM disyariatkan memperbanyak ucapan takbir di mana saja, kapan saja dan dalam kondisi apa saja. Boleh sambil berjalan, di kendaraan, bekerja, berdiri, duduk, ataupun berbaring. demikian pula, takbiran ini bisa dilakukan di rumah, jalan, kantor, sawah, pasar, lapangan, masjid, dll. Dalilnya adalah: pada QS. Al-Hajj: 28 dan QS. Al-Baqarah: 203.
  • Memperbanyak amal salih. Sesuai dengan hadish Dari Ibn Abbas radhiallahu ‘anhu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:“Tidak ada hari dimana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah, pen.).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh, pen.).” (HR. Al-Bukhari, Ahmad, dan At-Turmudzi).
  • Idul Adha. Sesuai dengan hadish Dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan, yang artinya: Bahwa ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, masyarakat Madinah memiliki dua hari yang mereka rayakan dengan bermain. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Dua hari apakah ini?” Mereka menjawab, “Kami merayakannya dengan bermain di dua hari ini ketika zaman jahiliyah. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah memberikan ganti kepada kalian dengan dua hari yang lebih baik: Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, dan Ahmad. Disahihkan Al-Albani). Idul Adha tahun 2012 ini jatuh pada hari Jumat tanggal 26 Oktober 2012.
  • Berkurban. Sesuai dengan Firman Allah SWT: yang artinya: “Laksanakanlah salat untuk Rab-mu dan sembelihlah kurban.” (QS. Al-Kautsar: 2).
  • Haji. Sesuai dengan Firman Allah yang artinya:“Kewajiban bagi manusia kepada Allah, berhaji ke Baitullah, bagi siapa saja yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan” (QS. Ali Imran: 97).

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah mengenai Bulan Dzulhijjah keistimewaan dan amalan di bulan Dzulhijjah, semoga artikel ini dapat memeberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


bulan dzulhijjah 2012, dzulhijjah 2012, bulan dzulhijah, dp bbm bulan dzulhijjah, ayat al quran tentang bulan yang dzulhijah, gambar 10 dzulhijjah, gambar tulisan zhulhijra, manfaat bulan haji dp bbm, mulyanya puasa dzulhijah, dp malem dzulkijah

Artikel Terkait Dengan: "Dzulhijjah"

Response on "Dzulhijjah"