Cengkeh Malino | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Cengkeh Malino

Cengkeh Malino

August 26th, 2012 0 Comments

Cengkeh Malino – Sahabat Pustakers, Pada Kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan berbagi artikel mengenai Cengkeh Malino, Yup Malino disamping dikenal sebagai tempat wisata favorit di Sulsel, di daerah ini juga terdapat bermacam-macam komoditas tinggi, diantaranya Kopi, Kayu Putih, dan cengkeh. Dan yang khusus dibahas pada kesempatan kali ini adalah Tanaman dengan nilai jual tinggi, Cengkeh.

Cengkeh merupakan salah satu komoditas pertanian yang tinggi nilai ekonominya. Baik sebagai rempah-rempah, bahan campuran rokok kretek atau bahan dalam pembuatan minyak atsiri. Tanaman cengkeh tumbuh optimal pada 300 – 600 dpal dengan suhu 22°-30°C, curah hujan yang dikehendaki 1500 4500 mm/tahun. Tanah gembur dengan dalam solum minimum 2 m, tidak berpadas dengan pH optimal 5,5 – 6,5. Tanah jenis latosol, andosoldan podsolik merah baik untuk dijadikan perkebunan cengkeh. Tanah Di Malino cocok untuk tanaman ini, Masyarakat setempat banyak membudidayakan cengkeh, diantaranya di Kecamatan Parigi Malino Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Pada bulan Agustus – September, merupakan waktu panen cengkeh.  Cengkeh selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa eugenol, asama olenolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin, dan gom.

Cengkeh dikenal dengan nama latin Syzygium aromaticum atau Eugenia aromaticum. Tanaman asli Indonesia ini tergolong ke dalam keluarga tanaman Myrtaceae pada ordo Myrtales. Sampai saat ini, sebagian besar kebutuhan cengkeh dunia (80%) masih dipasok oleh Indonesia, disusul oleh Madagaskar dan Tanzania.

Manfaat Cengkeh

Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi sebagai anastetik dan antimikroba. Minyak cengkeh dapat diguna untuk menghilangkan bau napas dan menghilangkan sakit gigi. Zat eugenol digunakan dokter gigi untuk menenangkan syaraf gigi. Manfaat cengkeh yang lain mengatasi gangguan pencernaan, muntah karena lambung dingin, sakit perut, mual, sakit di dada dan perut, sakit gigi, batuk, masuk angin, penghangat badan, perut mulas sewaktu haid, rematik, dan pegal linu.

Meskipun Indonesia merupakan negara penghasil cengkeh terbesar didunia, namun saat ini dipasaran sudah sulit menemukan produk ini. Sulitnya menemukan cengkeh dipasaran karna cengkeh digunakan secara besar-besaran untuk bahan baku rokok, sementara itu produksi cengkeh sudah menurun drastik karna berbagai macam sebab yang salah satunya karna faktor cuaca.

Demikianlah artikel mengenai cengkeh malino, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


harga cengkeh dunia, tanaman cengkeh, harga cengkeh bulan oktober 2012, cengkeh, harga cengkeh september 2013, harga cengkeh oktober 2013, pohon cengkeh terbesar, pohon cengkeh, tumbuhan cengkeh, kebun cengkeh terbesar
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis