Cara Mengurus Pindah / Mutasi PNS | Pustaka Sekolah

Home > Tips, Umum > Cara Mengurus Pindah / Mutasi PNS

Cara Mengurus Pindah / Mutasi PNS

November 30th, 2012 12 Comments

Cara Mengurus Pindah/ Mutasi PNS – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan share mengenai cara mengurus permohonan Pindah tugas atau Mutasi PNS, baik pindah antar kecamatan, antar kabupaten dan antar Propinsi. Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah alasan permohonan mutasi kita. Dan tentu perpindahan atau mutasi kita akan lebih meningkatkan kinerja kita tentunya.

Ya alasan untuk pindah tugas memang harus tepat dan bisa diterima oleh pimpinan kita, namun yang terpenting yang harus diperhatikan adalah kita mesti mencari dulu tempat tugas baru yang lowong dan membutuhkan kita, misalnya anda seorang pengajar sejarah ingin pindah tugas dari SMA Kota A ke kota B, maka anda harus memperhatikan, apakah SMA kota A yang akan anda tinggalkan tidak akan terganggu / kekurangan guru sejarah jika anda meninggalkannya, dan juga apakah SMA di Kota B memang membutuhkan guru sejarah, jika itu sudah terpenuhi, silahkan mengurus mutasi anda. Hal lain yang mesti anda perhatikan adalah dibeberapa daerah misalnya, menerapkan aturan bahwa PNSnya harus mengabdi sekian tahun, misalnya 5 tahun, 7 tahun, 10 tahun untuk bisa mengajukan mutasi, dan jika wilayah tempat anda berdinas sekarang ini memberlakukan aturan itu, dan anda belum cukup tahun untuk mutasi, jangan coba-coba mengusul pindah tugas, karena itu tidak akan dikabulkan.

Kelengkapan Berkas Permohonan Mutasi PNS

Adapun kelengkapan berkas permohonan mutasi atau pindah tugas PNS antara lain:

  • Asli Surat permohonan mutasi/pindah tugas yang ditujukan ke Bupati atau Gubernur yang daerah yang dituju, yang memuat Data Diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan alasan-alasan mengajukan permohonan pindah;
  • Asli Surat Rekomendasi Instansi Yang dituju;
  • Asli Surat Rekomendasi Instansi Yang ditinggalkan;
  • Fotocopy Keputusan Pejabat yang berwenang tentang Pengangkatan Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil;
  • Fotocopy  SK PNS
  • Fotocopy Kartu Pegawai (Karpeg)
  • Fotocopy DP3 2 tahun terakhir;
  • Fotocopy  Daftar Hadir 2 (dua) bulan terakhir;
  • Fotocopy Keputusan Kenaikan Pangkat Terakhir;
  • Asli dan Rangkap Surat Pernyataan Pimpinan Perangkat Daerah tentang tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat selama 1 (satu) tahun terakhir
  • Asli dan Rangkap Rekomendasi / Persetujuan Pimpinan Perangkat Daerah tentang Usul Pindah Tempat Bekerja ke Pemerintah Kabupaten / Propinsi / Lembaga lain.
  • Surat Pimpinan Perangkat Daerah tentang Pengiriman Usul Pindah Pegawai Negeri Sipil.

Demikianlah artikel mengenai cara dan syarat Pindah Tugas PNS terbaru, bagi anda yang ingin download gratis Format surat Permohonan Pndah Tugas / Mutasi PNS terbaru, silahkan download Dokumennya Disini.

Semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.[ps]

Tags:


contoh surat permohonan pindah tugas, contoh surat mutasi pns, contoh surat permohonan pindah tugas pns, surat permohonan pindah tugas pns, contoh surat permohonan pindah kerja, surat permohonan pindah tugas, contoh surat permohonan mutasi PNS, contoh surat mutasi guru, alasan pindah tugas pns, surat mutasi pns
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

12 Komentar Pada “Cara Mengurus Pindah / Mutasi PNS”

  1. Jaw'z Stole says:

    Thank's untuk informasinya,.. (y)

  2. Anonymous says:

    bisa minta tolong agar saya dikirimi contoh surat permohonan mutasi (dari pns yg bersangkutan dg mengetahui kadinas ke instansi yg dituju)? dikirim ke ifaafiifa@yahoo.com. kalau bisa mohon dikirim segera, hari ini (senin 27 jan 2014) atau besok (selasa 28 jan 2014), krn paling lambat rabu (29 jan 2014) surat tsb mau dimintakan tandatangan kadinas. trims banyak sebelumnya.

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis