Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN 2012

Sahabat Pustakers, so pasti kalian yang menjadi peserta SNMPTN atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri tahun 2012 sudah bersiap-siap untuk mengikuti ujian tulis pada tanggal Juni 2012. Yup persaingan untuk merebut 1 kursi di perguruan tinggi negeri PTN favorit begitu ketat, makanya jika ingin anda yang mendapatkan kursi panas di PTN favorit anda, maka sebaiknya belajar yang giat agar nantinya anda bisa menjawab soal-soal SNMPTN 2012 degan enteng dan tentu juga mesti benar :D .

Kali ini Pustaka sekolah ingin mencoba share atau berbagi artikel tetang cara menghitung Pasing Grade pada tahun 2012 ini. Sebelumnya kita mesti mengetahui apakah itu passing grade???. Passing grade adalah suatu standar (grade) dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SNMPTN yang mengindikasikan kira-kira peserta masuk tidak dalam urutan peringkat kuota penerimaan jurusan yang dipilihnya tersebut. Passing grade tidak berasal dari Universitas atau Perguruan tinggi negeri, melainkan berasal dari lembaga bimbingan belajar.

Jadi tidak mutlak datanya seperti itu dan untuk passing grade 2012 adalah data yang diambil dari hasil tahun 2011. intinya, bisa saja persaingan untuk tahun sekarang lebih mudah atau lebih sulit. Passing grade umumnya tidak bisa dipatok secara pasti sebab passing grade sendiri timbul dari nilai-nilai para pesaing yang memperebutkan jurusan tersebut dan selalu berfluktuasi setiap tahunnya. Namun, dalam konteks lain passing grade pun, dapat diprediksi dengan melihat daya tampung dan kuota yang diterima serta tingkat keketatan persaingan tahun sebelumnya.

Anda dapat menghitung passing grade untuk memprediksi kemampuan anda setelah anda menyelesaikan soal try out SNMPTN dan mencocokannya dengan kunci jawaban, dengan rumus berikut:

Passing Grade = (B x 4) – (S x 1) x 100

JS x 4



Ket :

  • B = Jumlah jawaban benar
  • S = Jumlah jawaban salah
  • JS = Jumlah soal

Contoh Soal :

Hari pertama, Sinta menjawab 25 soal SNMPTN dengan benar, 25 soal salah dan 25 soal tidak dijawab. Maka passing grade amri pada hari pertama adalah :

(25×4)-(25×1) x 100 = 25

75×4

Jadi passing grade Sinta pada hari pertama adalah 25%

 

Hari kedua, Sinta menjawab 20 soal SNMPTN dengan benar, 10 soal salah, dan 45 soal tidak dijawab. Maka passing grade Sinta pada hari kedua adalah :

(20×4)-(10×1) x 100 = 23.3

75×4

Jadi passing grade Sinta pada hari kedua adalah 23.3%

Passing Grade Sinta adalah rata-rata dari passing grade hari pertama dan passing grade hari kedua. Tepatnya sebagai berikut:

Passing Grade Total =PGH1 + PGH2

2

Keterangan :

  • PGH1 = Passing Grade Hari Pertama
  • PGH2 = Passing Grade Hari Kedua

Jadi passing grade total dari Sinta adalah = (25%+23.3%)/2 = 24.15%

Perhitungan passing grade juga bisa dilakukan sekaligus, maksudnya hari pertama dan hari kedua dihitung langsung.

PG = ((B1+B2)*4) – ((S1+S2)*1) x 100

(JS1+JS2)*4

Keterangan :

  • B1 = Jumlah jawaban benar di SNMPTN hari I
  • B2 = Jumlah jawaban benar di SNMPTN hari II
  • S1 = Jumlah jawaban salah di SNMPTN hari I
  • S2 = Jumlah jawaban salah di SNMPTN hari II
  • JS1 = Jumlah soal di SNMPTN hari I
  • JS2 = Jumlah soal di SNMPTN hari II.

Gimana sudah mengerti khan cara menghitung passing grade SNMPTN tahun 2012?. Okk lah kalo sudah ngerti, jangan lupa belajar yach yang giat, agar mendapatkan kursi panas itu di Universitas negeri idaman anda.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah mengenai cara menghitung Passing Grade SNMPTn 2012, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita yang membutuhkan.[ps]

Tags:


cara menghitung passing grade 2012, cara menghitung passing grade, cara menghitung passing grade snmptn 2012, cara menghitung passing grade snmptn, menghitung passing grade snmptn 2012, cara menghitung nilai snmptn 2012, cara menghitung skor snmptn, menghitung passing grade snmptn, cara menghitung snmptn 2012, cara hitung passing grade

Artikel Terkait Dengan: "Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN 2012"

Response on "Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN 2012"