Bukti Dan Saluran Masuknya Islam di Indonesia

Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel yang berjudul Bukti dan saluran Masuknya islam ke Indonesia. Ada dua sumber yang menginformasikan mengenai masuknya agama dan kepercayaan Islam Ke Indonesia, sumber pertama adalah sumber luar negeri, anatara lain Berita Arab, berita eropa, berita India, Berita China. Adapun Sumber dalam negeri yang menjadi sumber pendukung masuknya Islam di indonesia dapat dijelaskan sebagai berikut:

Batu bersurat di Leran

Penemuan Sebuah batu bersurat di Leran yang berada di sekitar daerah Gresik. Batu bersurat itu menggunakan huruf dan bahasa Arab, sebagian tulisan pada batu ini sudah rusak. dalam tulisan batu itu dapat diterjemahkan bahwa batu itu adalah peringatan meninggalnya Seorang Perempuan bernama fatimah binti ma’mun pada tahun 1028 Masehi.

Makam Sultan Malikusshaleh

Makam ini terdapat di Sumatera utara, Sultan Malikusshaleh meninggal pada bulan Ramadhan tahun  676 H atau pada tahun 1297 M.

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Makan ini terletak di Gresik dan wafat pada tahun 1419 masehi. Jirat makam didatangkan dari Gujarat India, jirat makam bertulisakan akasara Arab.

Dari bukti-bukti dan sumber-sumber itu dapat dipastikan bahwa pengaruh islam telah berkembang sejak masa jayanya pengaruh dan kerajaan Hindu di indonesia, hingga pada suatu saat perkembangan Islam dapat menggeser pengaruh Hindu di Indonesia.



Saluran Penyiaran Islam di Indonesia

Adapun saluran penyiaran di indonesia adalah:

  • Perdagangan. Pedagang Arab sejak abad ke-7 masehi telah banyak berlayar sampai ke Pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Di samping berdagang, para pedagang Islam ini juga mengajarkan budaya dan agama islam, sehingga masyarakat indonesia mengenal dan memeluk islam, terutama yang bermukim di pesisir atau dideakt pelabuhan.
  • Perkawinan. Pedagang Arab ada yang menetap dan bahkan menikah dengan Wanita setempat dari keluarga inilah lahir anak-anak yang beragama islam, karena syarat untuk menikah dengan pedagang Arab yang tajir, maka wanita pribumi mesti memeluk islam terlebih dahulu yang artinya mereka melepas Agama Hindu mereka, dan hal inilah yang membantu penyebaran agama dan kebudayaan islam di Indonesia.
  • Politik. Pengaruh seorang raja berperan besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Ketika seorang raja sudah menyatakan kesediannya memluk Islam, dan islam secara resmi menjadi agama negara, maka otomatis rakyat yang berada pada naungan kerajaan tersebut ikut pula memeluk Islam.
  • Pendidikan. Para ulama atau kyai-kyai membangun semacam lembaga pendidikan atau lebih dikenal dengan nama Pondok pesantren. Banyak anak-anak atau pemuda yang mengecap ilmu agama di pesantren ini, dan setelah lulus pada Pondok pesantren ini, maka para alumni kembali kedaerah masing-masing dan mengakabarkan kepada orang-orang di daerahnya akan adanya agama yang Lurus, Islam.
  • Kesenian. Masyarakat indonesia sudah sejak dahulu mengenal kesenian, kesenian itu antara lain seni gamelan dan wayang. namun pada zaman Hindu, maka cerita yang ada pada wayang tersebut menceritakan kisah-kisa Hindu. Ulama yang mencoba membumikan islam di Indonesia kemudian memodifikasi ceritera-ceritera wayang dan memasukkan unsur-unsur islam, sehingga orang-orang awam tertarik dan memeluk islam.
  • Tasawuf. seorang yang pakar dalam tasawuf adalah mereka hidup dalam kesahajaan, dan menguasai ilmu supranatural  atau gaib. kekuatan gaib ini kemudian digunakan untuk mengibati orang-orang sakit, akhirnya masyarakat Indonesia menjadi tertarik dengan agama yang dianut oleh ahli Tasawuf ini, yakni agama islam.

Melalui berbagai saluran tersebut, Islam segera menyebar di daerah-daerah di Indonesia dan Islam sudah berkembang pesat pada abad ke-13 masehi. alasan sederhana masyarakat Indonesia memeluk islam adalah sebagai berikut:

  • Islam bersifat terbuka sehingga penyebaran agama ini dilakukan oleh kalangan siapapun atau setiap orang islam;
  • Penyebaran agama Islam relatif disebarkan secara damai;
  • Islam tidak membedakan kedudkan dalam masyarakat;
  • Upacara-upacara dalam Islam dilakukan secara sederhana;
  • Ajaran islam berupaya untuk menciftakan kesejahteraan kehidupan masyarakatnya dengan adanya kewajiban zakat bagi yang mampu.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas tentang bukti dan saluran masuknya agama islam di Indonesia, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua[ps]

Tags:


bukti masuknya islam ke indonesia, saluran masuknya islam di indonesia, saluran masuknya islam ke indonesia, sumber-sumber pendukung masuknya islam di indonesia, saluran penyebaran islam di indonesia, sumber pendukung masuknya islam di indonesia, Bukti-bukti masuknya islam di Indonesia, bukti penyebaran agama islam di indonesia, bukti masuknya islam di indonesia, bukti islam masuk ke indonesia

Artikel Terkait Dengan: "Bukti Dan Saluran Masuknya Islam di Indonesia"

Response on "Bukti Dan Saluran Masuknya Islam di Indonesia"