Pengantar Biostatistik | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Pengantar Biostatistik

Pengantar Biostatistik

March 10th, 2013 0 Comments

Pengantar Biostatistik Sahabat ustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Pengantar Biostatistik. Biostatistik merupakan ilmu statistika terapan yang mengenalkan perhitungan statistik kehidupan, baik konsep dasarnya, penyajian data, pemusatan dan penyebaran data, kemiringan dan distribusinya dalam kurve normal serta konsep estimasi, sampling, uji hipotesis dan uji-uji statistik deskriptif, korelasi maupun komparasi. Hal-hal tersebut akan sangatlah berguna dalam melakukan analisis data penelitian kuantitatif. Pada bahasan Konsep dasar statistik umum, kita akan banyak mengerti hal-hal meliputi: Pengertian statistika, Ruang lingkup statistika, Pengertian dan jenis data serta Variabel dan skala pengukuran variabel.

biostatistik

Bahasan tentang Manfaat dan teknik penyajian akan secara terinci tentang tahap pengumpulan, pengolahan hingga penyajian data, Jenis-jenis dan cara penyajian data secara Textular, Tabularmaupun Grafikal, Jenis table penyajian data, Cara membuat table, Menyajikan table dalam bentuk table:Tabel distribusi frekuensi, Tabel silang 2 variabel. Akan diuraikan juga penyajian data kualitatif maupun kuantitatif. Penyajian data kualitatif secara grafik: Grafik batang, Grafik gambar, Grafik pie (lingkaran), Penyajian data kuantitatif secara grafik: Histogram, poligon, Ogive, Garis, Scater plot diagram.

Bahasan ukuran pemusatan data, secara khusus membahas nilai rata-rata (mean), median, modus. Pembicaraan Nilai rata-rata akan memerinci uraian tentang Pengertian nilai rata-rata, Sifat nilai rata-rata, cara menghitung nilai rata-rata, Interpretasi hasil perhitungan nilai rata-rata.

Bahasan tentang Nilai penyebaran akan menjelaskan Pengertian nilai penyebaran, Jenis dan sifat nilai penyebaran, Cara perhitungan nilai penyebaran dan interpretasinya meliputi : Range, Minimum dan maksimum, Mean deviasi, Standar deviasi, Koefisien variasi, Decile, kuartile, dan percentile, normalitas data berdasarkan nilai Kurtosis dan skewnes.

Konsep dasar sampling akan menjelaskan Pengertian populasi dan sampel, Konsep dasar pengambilan sample, alasan pengambilan sample, cara pengambilan sampel, Bias dan sampling error, Prinsip dasar perhitungan besar sample, dan praktik bagaimana Perhitungan besar sample itu dilakukan.

Dalam Statistika Kesehatan data yang dibutuhkan lebih banyak menjurus pada perencanaan, pelaksanaan & penilaian program kesehatan, yang termasuk di dalamnya : Morbiditas (frekuensi dan penyebab kesakitan), Statistik Rumah sakit (jumlah pasien, lama perawatan, dll), Statistik Pelayanan (imunisasi, kesehatan gigi, KB, dll).

Fungsi Statistik Dalam Bidang Kesehatan :

  •  Memberikan gambaran/keterangan tentang masalah kesehatan
  • Penentuan prioritas masalah yang perlu ditanggulangi
  • Bahan yang dapat digunakan untuk perencanaan bidang kesehatan
  • Dapat membandingkan tingkat kesehatan masyarakat
  • Menilai dan menganalisa hasil usaha kesehatan
  • Dapat menentukan kebutuhan dalam bidang kesehatan yang sudah atau belum dipenuhi
  • Dapat mencari hubungan sebab dan akibat
  • Dokumentasi data kesehatan masyarakat

Dilihat berdasarkan tahap-tahap kerjanya, maka ruang Lingkup kajian Statistik dapat dibedakan dalam 2 macam yaitu :

  • Statistic Deskriptif, yaitu suatu statistic yang metode dan prosedur yang dipakai terbatas pada : Pengumpulan data, Pengolahan data, Penyajian data dan Analisa data yang tanpa perlu adanya peramalan atau pembuktian statistic
  • Statistik Inferensial, yaitu statistic yang metode dan prosedur yang dipakai sama seperti pada statistic deskriptif namun disertai pengambilan kesimpulan denganpembuktian secara statistic terhadap hasil dari sampel atau populasi

Dalam statistik sumber segala informasi yang telah melalui berbagai proses pengolahan, cleaning, dan sebagainya pasti berasal data data mentah. Sedangkan data sendiri dapat diartikan sebagai fakta atau keterangan mengenai suatu benda, persoalan dan keadaan.

Dalam Ilmu ststistik Data dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

  •  Data Kualitatif, data berbentuk kalimat;
  • Data Kuantitatif, data berbentuk bilangan atau angka, yang data ini juga dapat dibedakan menjadi 2: deskrit ——> data berbentuk bilangan bulat (kunjungan pasien, jumlah anak, dll); kontinue —–> data berbentuk bilangan pecahan ( BB, TB, dsb)

Khusus dalam Statistik Kesehatan, Sumber data yang dipakai meliputi : Data Primer (survey, sensus, experiment) dan Data Sekunder (pencatatan peristiwa vital seperti kematian dan kelahiran, Catatan Khusus serta laporan dan Publikasi)

Menurut skala ukur, data dapat dibagi dalam 4 jenis :

  • Data berskala Nominal
  • Data berskala ordinal
  • Data berkala interval
  • Data berkala rasio

Demikanlah artikel mengenai Pengantar Biostatistik, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


pengertian biostatistik, konsep biostatistik, pengantar biostatistik, konsep dasar biostatistik, manfaat dan teknik penyajian data, konsep dasar biostatistik kesehatan, interpretasi hasil perhitungan nilai rata-rata, konsep dasar perhitungan statistik, membuat data dalam bidang biostatistik, cara menghitung nilai penyebaran
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis