Bentuk Tulang Manusia


Bentuk Tulang Manusia - Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi mengenai topik Bentuk-bentuk tulang pada manusia. Tulang terdiri dari sel-sel yang berada pada ba intra-seluler. Tulang berasal dari embrionic hyaline cartilage yang mana melalui proses “Osteogenesis” menjadi tulang. Proses ini dilakukan oleh sel-sel yang disebut “Osteoblast”. Proses mengerasnya tulang akibat penimbunan garam kalsium. Ada 206 tulang dalam tubuh manusia, Tulang   dapat   diklasifikasikan   dalam   lima   kelompok   berdasarkan   bentuknya :

Bentuk Tulang Manusia



  • Tulang panjang (Femur, Humerus)  terdiri dari batang tebal panjang yang disebut diafisis dan dua ujung yang disebut epifisis. Di sebelah proksimal dari epifisis terdapat metafisis. Di antara epifisis dan metafisis terdapat daerah tulang rawan yang tumbuh, yang disebut lempeng epifisis atau lempeng pertumbuhan. Tulang panjang tumbuh karena akumulasi tulang rawan di lempeng epifisis. Tulang rawan digantikan oleh sel-sel tulang yang dihasilkan oleh osteoblas, dan tulang memanjang. Batang dibentuk oleh jaringan tulang yang padat. Epifisis dibentuk dari spongi bone (cancellous atau trabecular). Pada akhir tahun-tahun remaja tulang rawan habis, lempeng epifisis berfusi, dan tulang berhenti tumbuh. Hormon pertumbuhan, estrogen, dan testosteron merangsang pertumbuhan tulang panjang. Estrogen, bersama dengan testosteron, merangsang fusi lempeng epifisis. Batang suatu tulang panjang memiliki rongga yang disebut kanalis medularis. Kanalis medularis berisi sumsum tulang.
  • Tulang pendek (carpals) bentuknya tidak teratur dan inti dari cancellous (spongy) dengan suatu lapisan luar dari tulang yang padat.
  • Tulang pendek datar (tengkorak) terdiri atas dua lapisan tulang padat dengan lapisan luar adalah tulang concellous.
  • Tulang yang tidak beraturan (vertebrata) sama seperti dengan tulang pendek.
  • Tulang sesamoid merupakan tulang kecil, yang terletak di sekitar tulang yang berdekatan dengan persediaan dan didukung oleh tendon dan jaringan fasial, misalnya patella (kap lutut).

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenai Bentuk Tulang manusia, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat pada kita semua.[ps]



Tags:


tulang manusia, Bentuk tulang manusia, GAMBAR TUBUH MANUSIA, bentuk tulang, bentuk-bentuk tulang pada manusia, tulang-tulang manusia, bentuk-bentuk tulang manusia, tulang sesamoid, jenis-jenis tulang manusia, bentuk bentuk tulang

Artikel Terkait Dengan: "Bentuk Tulang Manusia"

Response on "Bentuk Tulang Manusia"