Bentuk Negara Kesatuan dan Negara Federasi

Bentuk Negara Kesatuan dan Negara Federasi – Sahabat , pada kesempatan kali ini, Pustaka sekolah akan share tentang materi politik dan tata negara. materi ini berjudul Bentuk negara. Untuk memahami konsep ketatanegaraan, kita mesti megetahui tentang bentuk-bentuk negara. Menurut teori-teori modern, bentuk negara yang terpenting adalah negara kesatuan atau Unitarisme. Dan negara serikat atau Federasi.

Negara Kesatuan

Negara kesatuan adalah negara yang merdeka dan berdaulat dimana di seluruh wilayah negara tersebut yang berkuasa hanya pemerintahan pusat. Didalam negara kesatuan, pemerintah pusat mempunyai wewnang untuk mengatur seluruh wilayahnya melalui pembentukan  daerah-daerah dalam wiayah negara. Dalam negara kesatuan pelaksanaan pemerintahan negara dapat dilaksanakan dengan sistem sentralisasi dan desentralisasi.

  • Sistem sentraliasi: yaitu segala sesuatu dalam negara itu langsung diatur dan diurus oleh pemerintah pusat, sedang daerah-daerah tinggal melaksanakannya.
  • Sistem Desentralisasi: dimana daerah diberikan kesempatan dan kewenangan untuk mengurus urusan rumah tangganya sendiri (Otoda atau otonomi daerah), tetapi ada beberapa urusan vital tetap di handle oleh pemeritahan pusat.

Bentuk negara kesatuan pada umumnya mempunya sifat berikut ini:



  1. Kedaulatan negara mencakup ke dalam dan keluar yang ditangani pemerintah pusat;
  2. Negara hanya mempunyai satu UUD/Konstitusi, satu kepala negara, satu dewan menteri, dan satu dewan perwakilan rakyat;
  3. Hanya ada satu kebijakan yang menyangkut persoalan politik, ekonom, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Negara Serikat / Federasi

Negara Federasi ialah gabungan beberapa negara yang menjadi negara-negara bagian dalam negara serikat itu.

Biasanya negara-negara bagian tersebut merupakan negara uang merdeka penuh dan bedaulat penuh. Dengan menggabungkan diri kedalam suatu negara serikat, maka negara yang tadinya berdiri sendiri itu kemudian menjadi negara bagian, melepaskan sebagian dari kekuasaannya dan menyerahkan kepada induk negara serikat. Kekuasaan yang diserahkannya itu disebut satu demi satu atau limitatif, hanya kekuasaan yang disebutkan itulah yang diserahkan kepada negara serikat atau delegated powers.

Kekuasaan asli ada pada negara bagian, dan negara bagian itu berhubungan langsung dengan rakyatnya. kekuasaan dari negara serikat adalah kekuasaan yang diterimanya dari negara bagian. Biasanya yang diserahkan oleh negara-negara bagian kepada negara serikat ialah hal-hal yang berkaitan dengan hubungan luar negeri, pertahanan negara, keuangan dan urusan pos dan telekomunikasi.

Demikianlah artikel yang membahas tentang bentuk negara, semoga artikel sederhana ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


Bentuk Negara kesatuan, sistem perwakilan pada negara serikat atau federasi pada umumnya adalah, bentuk negara federasi, bentuk negara federal, pengertian negara federasi, Sistem perwakilan di negara serikat atau federasi adalah, bentuk negara berdasarkan teori ketatanegaraan, negara federasi, bentuk negara serikat, makalah bentuk negara

Artikel Terkait Dengan: "Bentuk Negara Kesatuan dan Negara Federasi"

Response on "Bentuk Negara Kesatuan dan Negara Federasi"