Asal Usul Jokowi | Pustaka Sekolah

Home > Hot, Umum > Asal Usul Jokowi

Asal Usul Jokowi

August 16th, 2012 3 Comments

Asal Usul Jokowi – Mendadak Nama Jokowi Melambung, terkenal ke seluruh Negeri, Jokowi atau Joko Widodo, salah satu kader PDI perjuangan yang kemudianterpilih dan menjadi Walikota Solo. Jokowi Namanya melambung sejak diberitakan di berbagai media tentang Mobil KIAT EsEmKa. Jokowi meniti pendidikannya di Solo dan Yogjakarta, dari Data di media massa begitu banyak bercerita tentangnya. Mulai perjalanan awalnya di SD N 111 Tirtoyoso, SMP N 1 Surakarta, SMA N 6 Surakarta hingga menuntut ilmu di Fakultas Kehutanan Uiversitas Gadjah Mada, Yogjakarta. Joko dikenal pada dunia eksportir meubel yang dijalaninya sejak 1988 hingga sekarang. Aktivitas itu jugalah yang membuat Joko Widodo mendirikan Koperasi Pengembangan Industri Kecil Solo pada 1990.

 

Dunia bisnis juga yang membuatnya terpilih menjadi salah satu ketua di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta, dan mendirikan Asosiasi Permebelan dan Industri Kerajinan Indonesia Surakarta di awal tahun 2000. Karier tertinggi laki-laki kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 ini adalah ketika dirinya terpilih sebagai Walikota Surakarta di tahun 2005. Sejak dipimpin Joko, Solo banyak mengalami perubahan di berbagai sektor riil. Begitu juga bidang layanan publik. Utamanya, saat Joko membuat keputusan untuk memudahkan pembuatan KTP bagi warga Solo.  Jokowi memilih untuk berada pada pihak pedagang kecil, ketimbang pengusaha. Joko bahkan rela berbeda pendapat dengan Gubernur Bibit Waluyo tentang rencana pembangunan mall di bekas bangunan Pabrik Es Saripetojo. Joko menolak rencana yang merupakan bagian dari desain besar pemerintahan provinsi Jawa Tengah itu. Pada Pilkada Solo Silam Jokowi meraih dukungan 91 persen suara dalam Pilkada Solo.

Asal Usul Labelisasi Baju Kotak-kotak

Ilham untuk menggunakan baju kotak-kotak berawal dari ketidak sengajaan. Awalnya pasangan ini hanya berniat untuk tampil beda dari pasangan lainnya saat melakukan pendaftaran cagub/cawagub ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta. Tujuan pertama saat datang ke KPUD itu mengenakan pakaian yang ngejreng. Pasti orang-orang datang pakai jas atau putihlah. Ahok menjelaskan bahwa mereka memilih baju kotak-kotak karena ingin menunjukkan kesiapan mereka dalam bersaing. Pasalnya baju kotak-kota warna merah itu adalah lambang dari kesiapan. Karena banyak pendukung dan masyarakat yang mengidentikan baju kotak-kotak itu dengan Jokowi-Ahok, maka mereka memilih baju itu untuk media berkampanye. Ternyata, ketidaksengajaan ini membawa berkah untuk mereka. Terbukti, sejak masa kampanye dimulai pasangan calon ini mulai menyebarkan trend baju kotak-kotak. Banyak pendukung dan simpatisan mulai menggunakan baju kotak-kotak sebagai wujud dukungannya kepada calon Gubernur DKI Jakarta asal Solo, Jawa Tengah ini.

Jokowi Pada Pilgub DKI Jakarta Putaran Pertama

Pada Pilkada Gubernur Putaran Pertama Jumlah suara sah adalah 65%, suara tidak sah 1%, dan suara yang tidak digunakan adalah 34% . Pasangan Jokowi berhasil mengumpulkan suara terbanyak sebanyak 42,59% , disusul jumlah suara Foke – Nara 34,32% pada peringkat kedua terbanyak.

Jokowi Bersama pasangannya Ahok Kini siap-siap menghadapi pertarungan Pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 20 September 2012 mendatang, Apakah Jokowi – Ahok masih mampu “mengalahkan” Foke – Nara pada Pilgub putran kedua ini???, kita nantikan serahkan saja kepada Wajib Pilih DKI, siapapun yang naik, baik Jokowi maupun Foke, semoga bisa membawa ibukota Negara Kita makmur dan beradab.[ps]

Tags:


asal usul jokowi, asal usul joko widodo, asal mula jokowi, karir jokowi, asal jokowi, asal usul keluarga jokowi, asal usul jokowidodo, asal sekolah jokowi, asal usul bisnis jokowi, foto keluarga jokowi dodo
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

3 Komentar Pada “Asal Usul Jokowi”

  1. Berkunjung kak..maju terus jokowi..
    salm kenal..

  2. ilmu sipil says:

    Jokowi punya peluang bagus untuk maju sebagai calon presiden indonesia 2014

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis