Artikel Tentang Globalisasi


Artikel Tentang Globalisasi – Sahabat , pada kesempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan share atau berbagi mengenai Artikel tentang Globalisasi, Simalhak selengkapnya:

Pengertian Umum Globalisasi

Jika kita mencermati, maka secara sederhana globalisasi terlihat ketika semua orang di dunia sudah memakai ceana botol, pakai sepatu yang sedang ngetrend, makan di resto mewah ala barat, dan memakai peralatan hidup/kerja yang modern, globalisasi terlihat dalam bentuk Kapitalisme mendunia atau global nampak nyata lewat bantuan tidak ikhlas IMF, Bank Dunia, dan WTO; lembaga-lembaga dunia ini mencerminkan ketidakadilan global. Globalisasi adalah satu kata yang mungkin paling banyak dibicarakan orang  beberapa waktu terakhir ini dengan pemahaman arti yang beragam atau berbeda tergantung siapa yang membicarakannya.

artikel tentang globalisasi

Tapi  istilah globalisasi telah menanpakkan kesadaran bagi manusia, bahwa semua penghuni planet ini saling terkait dan tidak bisa dipisahkan begitu saja satu sama lain walau ada rentang jarak yang secara fisik membentang. Dunia dipandang sebagai satu kesatuan dimana semua manusia di muka bumi ini terhubung satu sama lain dalam jaring-jaring kepentingan yang amat luas.Pembicaraan mengenai globalisasi adalah pembicaraan mengenai topik yang amat luas yang melingkupi aspek mendasar kehidupan manusia dari budaya, politik, ekonomi dan sosial. Globalisasi di bidang ekonomi barangkali kini menjadi kerangka acuan dan sekaligus contoh yang saat ini paling jelas menggambarkan bagaimana sebuah kebijakan global bisa berdampak pada banyak orang di tingkat lokal, sementara wacana globalisasi dalam hal yang lain mungkin tidak begitu mudah diamati secara jelas.



Contoh yang bisa diungkap adalah perdagangan antar negara, kebijakan dana moneter internasional hingga izin beroperasi  perusahaan yang bergerak dibeberapa negara sekaligus  yang menandakan bahwa mata rantai pengaruhnya pada akhirnya akan berakhir pada pelaku ekonomi lokal, baik secara menguntungkan maupun merugikan.

Desain globalisasi ekonomi sendiri misalnya, memang pada awalnya dinilai beritikad positif, yaitu menaikkan kinerja finansial negara-negara yang dianggap masih terbelakang secara ekonomi dengan melakukan kerjasama perdagangan dan kebijakan industri. Namun, dampak negatifnya ternyata tidak bisa dielakkan ketika penyesuaian kebijakan global itu tidak bisa dilakukan di tingkat lokal. Situasi menang-menang yang ingin dicapai berubah menjadi situasi kalah-menang yang tak terhindarkan bagi pelaku ekonomi lokal. Kasus fenomenal seperti yang tak kunjung usai, penjualan perkebunan kelapa sawit oleh pemerintah baru-baru ini, atau kasus lain yang nyaris tidak terliput secara luas seperti hilangnya jutaan plasma nuftah di hutan dan Papua Barat, menunjukkan hal itu dengan jelas. Tentu masih ada banyak yang lain.

Sebagian merasa bahwa isu globalisasi berhembus ke arah negatif, yaitu bahwa globalisasi hanya menguntungkan mereka yang sudah lebih dahulu kuat secara ekonomi dan punya infrastruktur untuk melanggengkan dominasi ekonominya, sementara negara yang terbelakang hanya merasakan dampak positif globalisasi yang artifisial, namun sebenarnya tetap ditinggalkan. Sebagian yang lainnya tetap optimis dengan cita-cita hakiki globalisasi dan yakin bahwa tata manusia yang setara di muka bumi ini akan terwujud suatu saat nanti dengan upaya-upaya membangun kebersatuan sebagai sesama penghuni bola-dunia.

Demikianlah tulisan sederhana mengenai artikel tentang Globalisasi, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


artikel globalisasi, artikel tentang globalisasi, GLOBALISASI, kliping globalisasi, contoh artikel tentang globalisasi, contoh artikel globalisasi, kliping tentang globalisasi, contoh kliping globalisasi, artikel mengenai globalisasi, contoh kliping tentang globalisasi

Artikel Terkait Dengan: "Artikel Tentang Globalisasi"

Response on "Artikel Tentang Globalisasi"